Jumat, 26 April 2024
BerandadePrajaTamburagasana Galuh Komik Kompilasi Karya Guru Ciamis Pecahkan Rekor MURI

Tamburagasana Galuh Komik Kompilasi Karya Guru Ciamis Pecahkan Rekor MURI

Dejurnal.com, Ciamis – Komik kompilasi pembelajaran yang begitu tebal ternyata di buat para guru- guru Ciamis yang di susun team PGRI kabupeten Ciamis, komik tersebut merupakan kado istimewa PGRI untuk kabupaten Ciamis ke 380.

Kompilasi komik pembelajaran di beri judul Tamburagasana Galuh Membangun Insan Pancasila dengan tebal 3238 halamaman berisi 380 judul.

Karya guru itu ternyata merupakan hasil sekeksi lomba dari 1700-an judul dan angka 380 merupakan angka Hari Jadi Kabupaten Ciamis saat ini.

“380 judul yang benar-benar layak dikonsumsi sebagai komik pembelajaran ternyata angka 380 merupakan angka Hari Jadi Kabupaten Ciamis maka dengan 380, kami ingin mewujudkan sebuah prestasi luar bisa, Jika dicetak maka tebalnya 32 cm,” tutur Ketua PGRI yang juga Kadisdik Kabupaten Ciamis Dr Asep Saepul Rahmat, S.IP.,M,Si .

“Kami sarankan kepada para trainer agar mengajukan semoga masuk dalam pencatan MURI menjadi yang tertebal atau mungkin karya dengan keunikan lain, dan tercatat menjadi komik kompilasi tertebal di Indonesia” ujarnya.

“Tamburagasana sejatinya berawal dari keberadaan guru di wilayah Dinas Pendidikan (Disdik) Ciamis belum semuanya memiliki akun IT, “Tuntutan dalam merdeka mengajar yakni akun IT atrinya para guru melek IT, dari 5100 guru yang sudah melek IT artinya memiliki akun IT angkanya kecil sekali baru 7% saja,” tutur Kadisdik.

Lanjutnya, dalam masa pandemi guru dituntut melakukan inovasi dalam memberikan pembelajaran. bagai mana para murid bisa bergairah menerima materi pembelajaran dan tidak jenuh, bagaimana dengan pembelajara dipernsial. Dari itu Disdik berkolaborasi dengan organisasi profesi guru (PGRI) memilih Trainer untuk melatih secara singkat pemahaman IT kepada para guru hingga para guru memiliki akun IT dengan kegiatan Sosialisasi Parade Literasi Merdeka Mengajar (PLMM) implementasi kurikulum merdeka di 32 kecamatan wilayah Kabupaten Ciamis.

“Alhamdulilah terjadi peningkatan jumlah guru dari 7% yang memiliki akun IT menjadi lebih kurang 49% cepat meningkat, dengan memiliki akun para guru lebih mengenal aplikasi-aplikasi model pembelajaran termasuk didalamnya model pembelajaran komik,” ujarnya, ada aplikasi pembuatan komik.

Komik karena lebih hidup berbicara dengan narasi pembuatnya itu menjadikan para guru suka, pasca sosialisasi roadshow PLMM pembelajaran diferensial itu dievaluasi lantaran muncul anime guru yang luarbiasa , “Kami mengadakan lomba membuat komik pembelajaran, dari 1700 lebih judul komik pembelajaran dihasilkan guru dan diseleksi ternyata terpilih 380 judul yang benar-benar layak dikonsumsi sebagai komik pembelajaran.” Ujarnya.

Ada pun judul dengan bahasa yang begitu asing di telinga kita mengandung sebuah arti,
Edi Rusyana Noer yang memberikan judul sekaligus sebagai ketua dua PGRI Ciamis menjelaskan,
Deskripsi Judul buku TAMBURAGASANA GALUH MEMBANGUN INSAN PANCASILA mengandung arti,
TAMBURAGASAN diambil dari penggabungan tiga kata : TAMBUR = Genderang/penyemangat, RAGA = Tubuh/badan/fisik, SANA = Bugar/sehat.

Catatan : Penggabungan tiga kata : TAMBUR, RAGA, SANA seharusnya TAMBURRAGASANA, tapi demi efektivitas penulisan, satu huruf R diresapkan/tidak ditulis, maka hasilnya jadi TAMBURAGASANA.

Makna :
1. TAMBUR = Genderang/penyemangat, RAGA = Tubuh/badan/fisik, SANA = Bugar/sehat.
Artinya : Genderang atau penyemangat agar badan/tubuh/fisik lebih bergairah beraktivitas/berbuat dengan bugar/sehat.

2. Diambil akronim suku kata awal : TAM = Taman, BU = Buana, RA = Raya, GA = Galuh, SA = Sakti, NA = Nanjuritan/peperangan
Jika makna perkata digabung : Taman buana raya Galuh sakti najuritan. Artinya : Taman Buana Bumi Galuh Raya Kuat dan Kompetitif.

3. Jika suku kata akhir yang diambil : TA(M) = Tata, BUR = Lembur,(R)A = Rancage, GA = Sayaga/siap, SA = Santosa/sejahtera/makmur, NA = Lugina/laluasa.

Jika makna dari kata-kata digabung : Tata lembur rancage sayaga santosa lugina. Artinya : Menata lembur dengan rajin dan sigap agar sejahtera dan leluasa.

TAMBURAGASANA GALUH MEMBANGUN INSAN PANCASILA : Genderang/ penyemangat bagi warga Tatar Galuh dalam membangun/ berkarya/beraktivitas dengan bugar/sehat agar samawa, leluasa, maju, dan sejahtera melalui penyajian, penyuguhan, dan penanaman nilai-nilai luhur Pancasila terhadap para peserta didik khususnya dan seluruh warga Tatar Galuh pada umumnya supaya tumbuh menjadi insan Pancasilais.

Demikian deskripsi dari judul TAMBURAGASANA GALUH MEMBANGUN INSAN PANCASILA sebagai judul Kompilasi Komik Pembelajaran yang dibuat dan disusun oleh PGRI KABUPATEN CIAMIS 2022.

karya guru-guru PGRI Kabupaten Ciamis ini dinobatkan menjadi Komik tertebal di Indonesia dibuktikan dengan Sertifikat Musium Rekor-Dunia Indonesia (MURI), yang mana sebelum nya di lakukan perivikasi oleh team MURI pada hari jumat 10 juni 2022 di Wisma PGRI Ciamis yang kemudian pemberian
Sertifikat Rekor MURI Komik Karya Guru Tertebal diberikan kepada PGRI usai Upacara Hari Jadi Ciamis ke 380 di Alun-alun Ciamis, diterima Sekbid Infokom PGRI Kabupaten Ciamis Nanang Heryanto, Sabtu (11/6/2022).

Triono yang merupakan salah satu team dari MURI usai melakukan verifikasi Buku Komik tertebal yang pernah ada, “Sebuah karya edukasi dengan jumlah halaman terbanyak di Indonesia yang di buat para guru ini layak mendapatkan Rekor MURI untuk Kategori Super Latif,”.

Dengan itu maka dari Muri terhadap sebuah komik dibukukan menjadi literasi dan edukasi digitalisasi Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis yang diharapkan menjadi insfirasi membuat media-media pembelajaran bagi anak-anak didik.

Sementara itu Seripikat Muri atas rekor Buku Komik Karya Guru Tertebal diberikan MURI juga kepada Dr. H. Herdiat Sunarya sebagai Bupati Ciamis, dan Bank BJB Cabang Ciamis.***Jepri Tio

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI