Program Pamsimas Desa Pasawahan Disambut Baik Masyarakat

Dejurnal.com, Purwakarta – Program penyedia air minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Dari Kementrian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR ) Direktorat Cipta karya Air Minum, untuk Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM), Tirta Maju, Desa Pasawahan Kecamatan Pasawahan Kabupaten Purwakarta disambut gembira masyarakat. Pasalnya, warga selama ini mengalami kesulitan mendapatkan air bersih dapat teratasi dengan adanya program tersebut.

Hasil pantauan dejurnal.com, aktivitas pembangunan rumah panel tempat penampungan sumber air di Kampung Sukamaju RT 09/05, Desa Pasawahan sudah mencapai 40%, sementara 11 desa lainnya hingga saat ini belum ada kegiatan pembangunan Pamsimas.

Koordinator Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Tirta Maju Desa Pasawahan, Ende Mulyana ketika ditemui dejurnal.com, membenarkan bahwa pembangunan rumah panel tempat penampungan air dari sumber mata air sudah mencapai 40% pada termin pertama ini dengan biaya mencapai sekitar 100 juta.

Baca :   Pemkab Purwakarta Mendorong Koperasi Bisa Terus Aktif dan Sehat

“Jika anggaran tahap kedua dapat direalisasikan akan dialokasikan untuk pembuatan menara penampung dan pemasangan distribusi pipa ke masyarakat,” kata Ende, Senin (19/4/2021).

Dijelaskannya, kegiatan pembangunan Pamsimas dengan sumber dana APBN sebesar Rp 245 juta dan dana partisipasi masyarakat melalui desa sebesar Rp 35 juta dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dalam waktu dekat ini.dan akan di kelola oleh KPS PAM di awasi KKM

”Jika pembangunan ini selesai setidaknya 75 KK di dusun 3 Kampung Sukamaju Desa Pasawahan dapat merasakan manfaat dari program Pamsimas ini,” pungkasnya.***budi