Jumat, 26 April 2024
BerandadeHumanitiBudayaKang DS Akan Tata Kampung Mahmud Lebih Representatif Tapi Ramah Lingkungan

Kang DS Akan Tata Kampung Mahmud Lebih Representatif Tapi Ramah Lingkungan

Dejurnal.com, Bandung – Nilai historis dan religi dari Kampung Mahmud, memikat hasrat Dadang Supriatna (Kang DS) untuk menjadikan Kampung Adat Mahmud ini lebih dikembangkan lagi menjadi salah satu destinasi wisata religi di Kabupaten Bandung.

Hal ini terungkap saat Bupati Bandung terpilih ini melakukan giat Jumat Keliling (Jumling) kedelapan, di Masjid Darul Ma’arif, Desa Rahayu, Kecamatan Margaasih, Jumat (12/2/21).

“Kampung Adat Mahmud, di RW 04 Desa Mekar Rahayu ini menjadi salah satu ikon Kabupaten Bamdung. Kita akan membuat destinas wisata ini dikembangkan lebih baik lagi,” ungkap Kang DS.

Kang DS membeberkan, Kampung Adat Mahmud, sangat menjaga kelestarian lingkungannya. Karena itu destinasi wisata religi ini juga akan mengedukasi agar para pengunjung atau wisatawan nantinya bisa lebih ramah lingkungan.

“Secara estetika tempatnya juga akan kita tata agar lebih bagus lagi dan representatif atau layak sebagai destinasi wisata religi, dengan tetap mengedepankan konsep ramah lingkungan sebagaimana keseharian warga di Kampung Adat Mahmud,” kata Kang DS.

Seperti diketahui, Kampung Adat Mahmud kerap dikunjungi para pengunjung dari pelosok nusantara yang ingin berziarah ke Maqom Karomah Mahmud di mana Eyang Dalem Abdul Manaf bersemayam.

Kampung Adat Mahmud yang terletak di pesisir Sungai Citarum ini juga dikenal sebagai pusat penyebaran agama Islam di Priangan atau Bandung oleh Eyang Dalem Abdul Manaf.

Konon Kampung Mahmud ini asalnya berupa rawa. Lalu diciptakanlah Kampung Mahmud oleh Eyang Dalem Abdul Manaf, dari sekepal tanah yang diambil dari Kampung Mahmud di Mekah. Eyang Dalem Abdul Manaf sendiri adalah keturunan ketujuh Syarif Hidayatullah atau lebih dikenal Sunan Gunung Jati.

Berkat karomah Eyang Abdul Manaf, sekepal tanah dari Mekah itu pun akhirnya menutupi rawa-rawa yang ada di sisi Sungai Citarum tersebut sehingga dinamai Kampung Mahmud.

Dalam Jumling kali ini, turut hadir Pimpinan Pondok Pesantren Darul Maarif yang juga tokoh ulama Kabupaten Bandung KH Sofyan Yahya.

Dalam kesempatan tersebut,
Kang DS juga menyampaikan terima kasih kepada warga atas dukunan dan kepercayaan kepada pasangan Bersama Dadang-Sahrul (Bedas) pada Pilkada Kabupaten Bandung sehingga menjadi pemenang.***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI