Dejurnal.com, Garut – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut siap memberikan dukungan program pemerintah pusat mengenai migrasi kendaraan bahan bakar minyak (BBM) ke kendaraan listrik.

Hal ini sampaikan langsung oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan, ketika meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang berlokasi di area Pendopo Garut, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.

“Tentu kami Pemerintah Kabupaten Garut pertama kami mempersilahkan Pendopo menjadi bagian tempat pengisian daripada ini adalah istilahnya itu SPKLU, ini pun dilanjutkan dengan 5 tempat lain, jadi di Garut sekarang sudah ada 6 tempat (SPKLU), nanti akan ada sekitar 42 tempat secara bertahap, dan tentu ini merupakan bagian dari bagaimana Pemerintah Kabupaten Garut mendukung program Bapak Presiden,” ujarnya.

Bupati Garut mengatakan, jika penggunaan kendaraan listrik ini akan menghemat lebih daripada setengah biaya operasional penggunaan kendaraan. Selain itu, ia juga menilai jika kendaraan listrik ini banyak memberikan kemudahan, salah satunya yakni bisa melakukan charger di rumah.

“(Tinggal) bawa kabel ini dimasukkan (alat charging rumahnya), nah ini ada mengisi di berbagai tempat itu boleh, jadi ini tinggal masukan saja di rumah juga bisa, jadi sekarang ini dengan (kendaraan) listrik rumah kita menjadi SPBU, hebatkan? Kita dukung program pemerintah dan hari ini kita launching di Kabupaten Garut,” ucapnya.

Baca Juga :   Perumda Air Minum Tirta Raharja Resmikan Dua Wilayah Pelayanan 2.500 Sambungan Baru dari Target 12.000

Sementara itu, Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Perusahaan Listrik Negara (PLN) Garut, Nurhidayanto Nugroho, menuturkan jika keberadaan SPKLU ini merupakan komitmen pihaknya dalam mendukung pemerintah terkait konversi kendaraan konvensional ke kendaraan listrik.

Ia mengungkapkan saat ini SPKLU di Kabupaten Garut sudah terpasang di 6 lokasi, salah satunya berada di area Pendopo Garut.

“Lokasi yang sudah terpasang (atau) eksisting, jadi SPKLU ini dari ujung utara, jadi di kantor unit layanan pelanggan di Leles, di Cibatu, di Garut Kota yang sekarang berlokasi di Garut Kota, berikut di Cikajang, bahkan di ujung pantai selatan di Pamengpeuk, jadi ada 6 lokasi,” tutur Nugroho, Jum’at (9/12/2022).

Ia memaparkan ke depan pihaknya berencana akan mendirikan SPKLU dengan spesifikasi ultra fast charging di daerah Kecamatan Limbangan, untuk menunjang pemudik yang menggunakan mobil listrik yang melintasi jalan tersebut.

“Jadi harapannya apabila ada pelanggan atau pengguna mobil listrik yang ingin mudik lewat jalur selatan, dari posisi di jalan sekitar Limbangan kita akan sediakan spesifikasi yang lebih bagus yaitu ultra fast charging_ ini harapan kita di tahun depan bisa terpasang,” paparnya.

Baca Juga :   Kanjut Kundang Gantikan Kantong Plastik

Untuk saat ini sendiri, imbuh Nugroho, sudah ada penyedia pabrikan mobil listrik yang sudah membuka cabangnya di Kabupaten Garut. Atas hal tersebut pihaknya berharap ke depan kendaraan listrik bisa bersaing dengan kendaraan konvensional, walaupun diakuinya jika kendaraan listrik ini harganya tergolong mahal dibandingkan kendaraan konvensional.

“Tapi harapannya next nanti akan lebih bersaing, nah itu mungkin harapannya dan pengalaman yang kita sudah pasang khususnya di wilayah sekarang di Garut kota ini sudah lumayan banyak peminat untuk melakukan charging ataupun memanfaatkan fasilitas SPKLU ini,” lanjutnya.

Ia mengimbau kepada warga Garut yang kini sudah memiliki kendaraan listrik, khususnya mobil listrik agar tidak khawatir, karena saat ini di Garut sudah tersedia charging station yang sudah tersebar dari utara Garut sampai selatan Garut.

“Jadi harapannya untuk masyarakat Garut apabila berminat untuk membeli mobil listrik, dan tentunya ini adalah keniscayaan ke depannya akan lebih banyak lagi, infrastruktur kita sudah siapkan, tentunya itu yang kita harapkan, yang lebih luas lagi adalah green energy yang kita harapkan dari mobil listrik ini,” tandasnya.***Watono