Dejurnal.com, Garut – Bendungan Copong, Kampung Maleer, Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut.
menjadi lokasi pusat penanaman pohon yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan Dinas Kehutanan (Dishut) Jabar.

Sebanyak 95.760 pohon ditanam secara serentak di 9 wilayah Cabang Dinas Kehutanan (CDK) se-Jawa Barat, digelar dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Tahun 2022.

Kegiatan ini dibuka resmi oleh Wakil Gubernur (Wagub) Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, dan dihadiri Panglima Kodam III/Siliwangi, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo serta tamu undangan yang lainnya.

Wagub Jabar mengatakan jika tujuan dari penanaman pohon ini tiada lain untuk memberikan semangat kepada masyarakat untuk tetap menanam pohon dari waktu ke waktu, hari ke hari dengan tujuan untuk melestarikan lingkungan.

Baca Juga :   Sekda Jabar Dorong TPPAS Legok Nangka Segera Beroperasi

“Karena kita tahu makna dari pohon ini sangat banyak sekali, menyaring udara juga polusi, kemudian juga panas bumi bisa diserap bumi ini, dan juga tanah lestari tidak akan banjir, dan lainnya,” ujar Uu kepada para wartawan.

Ia memaparkan jika pihaknya sejak awal fokus terhadap penanaman pohon ini. Bahkan, imbuh Uu, diawal kepemimpinannya bersama Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, pihaknya menargetkan menanam 50 juta pohon dan sudah terlampaui.

Baca Juga :   Karawang Masih Zona Kuning Covid-19, Harus Tetap Waspada

“Diawali awal kepemimpinan kami 50 juta pohon tetapi sudah terlampaui sehingga ditambah lagi 25 juta di akhir kepemimpinan kami,” paparnya.

Uu berharap kegiatan penanaman pohon ini tidak hanya dilakukan di tingkat provinsi saja. Akan tetapi, juga diharapkan bisa dilakukan hingga ke tingkat desa.

“Harapan kami kegiatan hari ini bukan hanya di tingkat provinsi tetapi di kecamatan desa pun para kepala desa ada gerakan untuk menanam pohon di wilayah Jawa Barat, pak lurah dan juga yang lainnya,” harapnya.***Watono