Sabtu, 20 April 2024
BerandadeEdukasiPAUD Ki Ageng Selo Adakan Latihan Manasik Haji

PAUD Ki Ageng Selo Adakan Latihan Manasik Haji

Dejurnal.com, Semarang- PAUD (KB-TK) KI AGENG SELO, Jalan Karang Kimpul II No. 28 RT. 04 RW. 01, Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, mengadakan latihan manasik haji.

Kegiatan tersebut diadakan di Firdaus Fatimah Zahra yang berlokasi terletak di Jalan Muntal, Mangunsari, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang. Selasa (15/11/2022).

Latihan manasik haji ini diikuti oleh anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), anak-anak Taman Kanak-kanak (TK) dan anak-anak Kelompok Belajar (KB) sebanyak 55 siswa siswi, serta 7 Ustadzah (guru pengajar) serta didampingi orang tua siswa siswi PAUD (KB-TK) KI AGENG SELO, ujar Nur Ain S.PD selaku Ketua Yayasan AL WASHILAH.

Ia menambahkan, latihan manasik haji merupakan agenda bagi anak-anak Paud/TK/KB Ki Ageng Selo. Para siswa siswi dibimbing dan diarahkan oleh dewan guru pengajarnya.

Nur Ain S. PD, selaku Pemandu Latihan Manasik Haji menjelaskan, latihan manasik haji itu mencakup prosesi ibadah haji, mulai dari wukuf di Padang Arafah, mabit Muzdalifah, melempar jumrah di Mina, thawaf di Ka’bah, sa’i dan tahalul.

“Latihan manasik haji tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang kegiatan ibadah haji, dan ketika dewasa nanti di mana Allah memanggil untuk melaksanakan haji, sehingga anak-anak telah memiliki pengalaman pernah melaksanakan manasik haji pada saat duduk di bangku PAUD/TK/KB Ki Ageng Selo Kota Semarang,” paparnya.

Selain itu, latihan manasik haji itu sekaligus merupakan implementasi pembelajaran Agama Islam.

Ini merupakan hal yang sangat penting, mengingat PAUD/TK/KB Ki Ageng Selo merupakan sekolah umum yang bernafaskan Islam.

“Sekolah berupaya mengajari siswa mengenai pengetahuan dan penerapan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, di rumah maupun di masyarakat,” ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut, imbuhnya pihaknya juga mendoakan para siswa siswi agar bisa melaksanakan ibadah haji dengan sebaik mungkin.

“Semoga dengan latihan manasik haji, seluruh siswa siswi dapat menunaikan ibadah haji yang sesungguhnya”, pungkasnya.***BUNGKUS

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI