Jumat, 19 April 2024
BerandadePrajaHadiri Peningkatan Kapasitas Perangkat dan Lembaga Desa Karyajaya di Pangandaran, Ini Kata...

Hadiri Peningkatan Kapasitas Perangkat dan Lembaga Desa Karyajaya di Pangandaran, Ini Kata Sekmat Bayongbong

Dejurnal.com, Garut – Pemerintah Desa Karyajaya menggelar acara Peningkatan Kapasitas Perangkat dan Lembaga Desa yang bertemakan Kiat Membangun Desa Maju dan Mandiri yang dihadiri seluruh Perangkat Desa dan Lembaga Desa Karyajaya Kecamatan Bayongbong yang di adakan di Kabupaten Pangandaran selama dua hari Sabtu dan Minggu tanggal 26 s/d 27 November 2022.

Sekretaris Kecamatan Bayongbong Ade Poniman S.Sos. M.Si, M.I.P, saat dihubungi lewat telepon seluler menyampaikan atas ijin Pak Camat Frederico Fernades.S.STP, dirinya menghadiri undangan Kepala Desa Karyajaya H. Mamat Hidayat atas acara tersebut.

“Kepala Desa membawa semua perangkatnya bertujuan meningkatan Kapasitas Perangkat dan Lembaga Desa untuk lebih memahami arti penting tentang satuan perangkat desa dalam melayani berbagai kebutuhan masyarakat,” ungkap Ade Poniman.

Menurutnya, kegiatan yang bertemakan Kiat Membangun Desadiikuti 60 orang dari Desa Karyajaya Kecamatan Bayongbong selama dua hari. “Alhamdulilah menghasilkan 6 Tip yang harus dijadikan pedoman oleh Kepala Desa dan Perangkatnya,” ujarnya.

Lanjut Ade Poniman, ini merupakan hasil dari acara yang sudah di program jauh-jauh hari, yang isinya 6 program yang harus di jalani dan di lakukan, di antaranya

  1. Semangat bergerak perangkat dan lembaga desa dalam memajukan desanya.
  2. Semangat bergerak seluruh warga dalam mendukung program kepala desa.
  3. Membangun komunikasi yang baik dengan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, BUMN, BUMD, Anggota Dewan dan pihak ke 3.
  4. Mengenali Kebutuhan masyarakat untuk intervensi penyelesaian masalah di masyarakat
  5. Kenali kultur dan data masyarakat .
  6. Visi dan Misi kepala desa diharapkan menjadi jawaban kebutuhan masyarakat.

“Harapan saya ini semua bisa di lakukan di setiap desa dan semoga menjadi program lanjutan yang bisa di lakukan di setiap desa khususnya di kecamatan Bayongbong dan lebih luasnya Se-Kabupaten Garut akan mengikuti dan memahaminya, sehingga bisa tercapai yang diharapkan pemerintah Garut yang bertaqwa maju dan sejahtera,” pungkasnya.***Watono

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI