Sabtu, 20 April 2024
BerandadeHumanitiBudayaBupati Bandung Promosikan Seni Budaya di Korea Selatan

Bupati Bandung Promosikan Seni Budaya di Korea Selatan

Dejurnal.com, Bandung – Bupati Bandung, H. M. Dadang Supriatna memperkenalkan seni wayang golek kepada dunia internasional di Korea Selatan. Didampingi istrinya, Hj. Emma Dety serta delegasi dari Kabupaten Bandung, Dadang Supriatna bertolak ke Korea Selatan, dalam rangka menghadiri undangan kegiatan Baekje Cultural Festival ke-68.

Dalam festival ini, Kabupaten Bandung menampilkan kesenian wayang golek dengan pimpinan dalang Rafly Sunandar Sunarya (putu Giri Harja 3) yang digelar dari tanggal 29 September sampai 5 Oktober 2022.

Selain memperkenalkan kebudayaan wayang golek tujuan Bupati Bandung ke Korea Selatan juga untuk menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah maupun lembaga di sana pada bidang-bidang yang merupakan potensi unggulan Kabupaten Bandung.

Turut mendampingi Bupati Dadang Supriatna Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Cakra Amiyana, Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Erick Juriara Ekananta, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Nina Setiani, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Rukmana dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Wawan A Ridwan serta beberapa pejabat lainnya.

Kang DS pun terlihat menghadiri pertemuan yang dihadiri para pejabat dari berbagai negara di Korea Selatan pada Sabtu malam.

Untuk diketahui, hubungan Indonesia, khususnya Kabupaten Bandung dengan Korea Selatan sudah terjalin sejak lama. Di antaranya, dalam pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Bandung ke Korea Selatan.

Pada 27 Januari 2022 lalu, Bupati Bandung telah melepaskan 26 calon PMI yang bekerja di Korea Selatan saat ini.
“Tahun ini 60 orang yang berangkat ke Korea Selatan, untuk menjadi pekerja migran,” kata Kang DS.

Menurutnya, para pekerja migran ke Korea Selatan tersebut sebelumnya telah melewati proses pendidikan dan pembinaan melalui Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bandung dengan menggunakan anggaran APBD Kabupaten Bandung.

“Saya berharap dengan melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan selama beberapa hari ini, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Bandung. Kita juga berharap kerjasama antara Kabupaten Bandung dengan Korea Selatan, terus terjalin dan berlangsung, khususnya dalam pengiriman pekerja migran. Pada sektor lainnya juga, kita sedang melakukan penjajagan karena Korea Selatan sebagai salah satu negara maju di Asia,” tutur Bupati Bandung.

Rencananya pada hari Minggu (2/10/22) ini setelah perform kedua pagelaran wayang golek Bupati Bandung akan bersilaturahmi dengan sekitar 10000 PMI asal Kabupaten Bandung dan besok Senin (3/10/2022) akan melakukan pertemuan dengan beberapa calon investor untuk masuk ke Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung juga mengungkapkan bahwa dalam kunjungan kerja ke berbagai kota di Korea Selatan ini dengan membawa visi misi Bandung Bedas untuk kemajuan masyarakat Kabupaten Bandung.

“Mohon doanya saja, selama saya bersama istri dan para Perangkat Daerah ke Korea Selatan diberikan kesehatan dan keselamatan serta mendapatkan perlindungan dari Allah SWT,” harapnya.***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI