Kamis, 25 April 2024
BerandadeHumanitiBudayaBersama Asgar Nusantara Ngahiji, DKKG Gelar Nilai Budaya dan Ngawangkong di Babancong...

Bersama Asgar Nusantara Ngahiji, DKKG Gelar Nilai Budaya dan Ngawangkong di Babancong Jilid Dua

Dejurnal.com, Garut – Untuk kali kedua, Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut bersama Asgar Nusantara Ngahiji kembali menggelar nilai budaya dengan Ngawangkong di Babancong yang diselenggarakan di Cibatu dengan tema Kuluwung Cibatu Pikeun Garut Rahayu.

Penyelenggaran gelar nilai budaya ini bersamaan dengan kegiatan penyerahan SK DPC PAC Asgar Nusantara Ngahiji, Selasa (27/9/2022).

Gelaran dibuka oleh Kadisparbud Kabupaten Garut H Agus Ismail, yang didampingi Ketua Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut (DKKG) Irwan Hendarsyah serta dihadiri oleh Forkopimcam Cibatu, Ketua APDESI DPK Cibatu dan seluruh kepala desa serta masyarakat di wilayah kecamatan cibatu.

Pagelaran nilai budaya dimeriahkan oleh seluruh praktisi seni budaya di kecamatan Cibatu dan Garut Utara.

Dalam sambutannya Ketua dewan Kebudayaan Kabupaten Garut Irwan Hendarsyah SE atau lebih akrab di panggil kang Jiwan menyebutkan bahwa kegiatan gelar budaya ini merupakan satu bentuk upaya dalam pelestarian budaya.

“Ternyata di kecamatan Cibatu begitu kaya akan aneka ragam seni budaya yang mampu disuguhkan secara apik, dan lebih membanggakan dari usia dini hingga orang tua ikut serta dalam penampilannya,” ujarnya.

Menurut Kang Jiwan, ini jelas bahwa kecamatan Cibatu sangat kental akan nilai budaya dan ini semua tidak lepas dari kinerja yang totalitas seorang Ketua Umum Asgar Nusantara ngahiji kang H Hendi.

“Saya mewakili masyarakat berbudaya di kab Garut mengapresiasi sebesar-besarnya atas totalitas yang diberikan oleh kang H Hendi, semoga ini menjadi contoh bagi para praktisi budaya dengan pola menerapkan silih asah asih asuh dalam melebarkan menyampaikan memajukan melestarikan seni budaya di kabupaten Garut,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu pula kang Jiwan mendorong kepada aparatur kepemerintahan melalui Kadisparbud dan Camat agar bisa lebih memperhatikan keadaan para seniman budayawan di Cibatu agar tetap bisa berkarya dengan mefasilitasi kebutuhan paguyuban sanggar seni budaya.

“Karena kebudayaan ini wajib secara fokus khusus untuk dibina karena dengan nilai budayalah bangsa kita besar dan kuat,” tandasnya.

Kang Jiwan pun apresiasi kepada jajaran Forkopimcam Cibatu yang memberikan suport dan dukungan tak terhingga pada pelaksanaan kegiatan yang sukses ini, terlebih masyarakat yang antusias dan luar biasa.

“Semoga tetap menjadi Cibatu kuluwung pikeun Garut Rahayu,” Pungkasnya.***Red

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI