Jumat, 19 April 2024
BerandaGerbangDesaTingkatkan Kapasitas Anggota BPD Katapang ABPEDNAS Selenggarakan Bintek

Tingkatkan Kapasitas Anggota BPD Katapang ABPEDNAS Selenggarakan Bintek

Dejurnal. com, Bandung – Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung menyelenggarakan
Bimbingan Teknis (Bintek) Peningkatan Kapasitas BPD se- Kecamatan Katapang. Kegiatan ini digelar di Rasamala Cafe Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Selasa (19/7/2022).

Ketua ABPEDNAS Kecamatan Katapang/ Kabupaten Bandung Firman Syah Lesmana mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi antara BPD dengan BPD, BPD dengan kepala desa, BPD dengan camat, dan BPD dengan unsur Pemerintah Kabupaten Bandung.

“Selain tujuan itu, juga bagaimana rekan-rekan BPD se Kecamatan Katapang mendapatkan ilmu, wawasan,dan pengetahuan dari para pemateri yang berasal dari Dinas PMD Kabupaten Bandung, Tenaga Ahli Kementrian Desa RI, dan dari unsur ABPEDNAS Kabupaten Bandung, ” terang Firman.

Ketua ABPEDNAS Kabupaten Bandung/ Kecamatan Katapang Firmansyah Lesmana dan Camat Katapang Taufik Wahid Aryana. (Sopandi/dejurnal.com)

Diadakan di Rancabali, lanjut Firman sekalian refreshing. “Rancabali ini kan destinasi wisata terbanyak di Kabupaten Bandung. Alhamdulillah kita dipasilitasi oleh Pak Camat Katapang dan Pak Camat Rancabali serta rekan-rekan kepala desa se- Kecamatan Katapang. Kita refreshing berendam di Ciwalini dan ke Jembatan Rengganis, “imbuhnya.

Firman menyebutkan, selaku pengurus ABPEDNAS Kabupaten Bandung, 270 desa/ BPD secara umum sudah paham regulasi, tugas pokok dan pungsi serta memainkan perannya dalam rangka bersinergi dengan kepala desa se Kabupaten Bandung.

“Secara umum kami mengapresiasi rekan-rekan BPD se Kabupaten Bandung karena sudah punya pola tersendiri dalam rangka bagaimana ikut terlibat membangun desanya masing-masing, ” kata Firman.

Firman berharap, momentum kapasitas peningkatan BPD yang dilaksanakan di beberapa kecamatan terakhir ini bisa juga dilaksanakan BPD di tiap kecamatan se -Kabupaten Bandung.

“Alhamdulillah kita dipasilitasi Pemprov Jabar sebesar Rp 2 juta / desa untuk kegiatan peningkatan kapasitas BPD. Kami berharap semua rekan-rekan ABPEDNAS kecamatan bisa mengomunikasikan dengan rekan BPD, lebih jauhnya dengan rekan kepala desa yang berindung di APDESI dan camat untuk bagaimana bersama-sama menyatukan visi, menyamakan pandangan dan merapatkan barisan dalam rangka BPD cerdas, ” katanya.

Firman juga berharap ke depan hal yang sama bisa dilakukan di tingkat Kabupaten Bandung. “Setahun yang lalu kita melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas BPD se Kabupaten Bandung yang bersumber dari APBD Kahupaten Bandung. Mudah-mudahan ke depan Pak bupati dan DPRD bisa juga menganggarkan untuk kegiatan peningkatan kapasitas BPD se Kabupaten Bandung, ” harapnya.

Ketua Asosiasi Perangkat Desa (APDESI) Kecamatan Katapang mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, sejak kepemimpinan Firmansyah, ABPEDNAS bisa menyelenggarakan bimbingan teknis peningkatan kapasitas.

“Mudah-mudahan bisa meningkatkan tali silaturahmi dan meningkatkan kapasitas BPD di tiap-tiap desa se Kecamatan Katapang pada khususnya, dan umumnya seluruh anggota BPD di Kabupaten. Selain itu bisa lebih sinergi dengan pemerintahan desa, ” kata Dino yang juga Kepala Desa Banyusari ini.

Camat Katapang H. Taufik Wahid Aryana berharap dengan kegiatan ini semakin semua sinergi di tingkat pemerintahan desa. ” Namanya pemerintahan desa kan terdiri dari kepala desa, perangkat desa, dan BPD. Saya ingin semuanya sinergi. Nantinya berkordonasi dengan kami di kecamatan. ” imbuh Taufik.

Di kecamatan Katapang, kata Taufik ada 7 desa, atau 7 BPD. “Kami sebetulnya sudah sinergi. Saya apresiasi yang dilakukan oleh ABPEDNAS mudah-mudahan semakin senergi,” tutupnya.***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI