Sabtu, 20 April 2024
BerandadePrajaParlementariaAir Sumur Warga di Cikampek Timur Hitam dan Bau, DPRD Ajak DLHK...

Air Sumur Warga di Cikampek Timur Hitam dan Bau, DPRD Ajak DLHK Tinjau ke Lokasi

Dejurnal.com, Karawang – Komisi III DPRD Karawang, meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) turun kelokasi melihat langsung air sumur warga yang berubah warna jadi hitam pekat dan bau di pemukiman Dusun Jatirasa, Desa Cikampek Timur, Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang
Menurut Ketua Komisi III Endang Sodikin Dinas DLHK harus segera menangani keluhan warga dan turun memeriksa kelokasi yang berkaitan dengan dugaan limbah RS Helsa dan fenomena air sumur yang menghitam dan bau di wilayah itu.

“Meski belum diketahui penyebabnya, untuk diketahui secara pasti berkaitan dengan fenomena air sumur yang menghitam ini harus di selidiki oleh Dinas Lingkungan Hidup,” ungkapnya, Jum’at (17/6/2022).

Komisi III akan senantiasa mendukung DLHK untuk menindaklanjuti fenomena air sumur menghitam itu, untuk diketahui hasilnya agar masyarakat Desa Cikampek Timur mendapat jawaban yang jelas.

“Faktanya saat ini air sumur warga diduga telah terdampak, termasuk kualitas air jadi buruk, warna berubah jadi hitam dan airnya bau, dimungkinkan di lokasi sekitar sumur telah terjadi pencemaran,” Papar Endang.

Ia juga menambahkan sebelumnya, Komisi III DPRD pada Senin 13 Juni 2022 telah melakukan sidak ke Rumah Sakit Helsa, menurut anggota komisi III DPRD Karawang, Acep Suyatna, pihak RS Helsa mengklarifikasi tengah melakukan perbaikan di beberapa bagian berkaitan dengan pembuangan limbah ke saluran air drainase milik wilayah setempat.

“Tentu dari hasil sidak Komisi III sebelumnya, dengan fenomena air sumur menghitam ini kan perlu ada tindak lanjut, kami mendorong DLHK untuk turun ke pemukiman yang terdampak itu,” Pungkasnya.

Ketua Komisi III DPRD Endang Sodikin menanggapi ajakan Komisi III DPRD, Kepala DLHK Karawang Wawan Setiawan mengaku akan secepatnya turun ke lokasi yang dikeluhkan warga Cikampek Timur.

“Kami dengan tim akan segera memeriksa lokasi sekitar sumur yang dikeluhkan warga,” jelasnya.***RF

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI