Jumat, 19 April 2024
BerandaGerbangDesaHari Ini, Desa Cipanengah Gelar Pilkades Serentak 2022

Hari Ini, Desa Cipanengah Gelar Pilkades Serentak 2022

Dejurnal.com, Sukabumi – Hari ini Sebanyak 263 Calon Kepala Desa (Cakades) dari 70 Desa yang berada di 36 kecamatan di Kabupaten Sukabumi menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2022, Minggu (08/5/2022).

Perhelatan pesta Demokrasi tingkat Desa ini diramaikan oleh 263 orang calon kepala desa (cakades) yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh panitia Pilkades yang ada di masing-masing desa se-Kabupaten Sukabumi.

Salah satunya Pemilihan Kepala Desa yang hari ini di laksanakan di Desa Cipanengah Kecamatan Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi Sejak pagi hari, sebanyak 723.046 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari 2 Dusun dan 25 ke Rt-an.

Panitia pemilihan Kepala Desa Cipanengah telah menyiapkan 09 TPS yang di sebar di berbagai wilayah diantaranya:
Tps 01adalah Tps induk berada di Ke Rt- an 01, 10 dan 21. Di samping kantor Desa Cipanengah.
Tps 02 di Ke Rt-an 08, 09 dan 20.
Tps 03 di Ke Rt-an 07, dan 06.
Tps 04 di Ke Rt-an 02, 12 dan 01.
Tps 05 di Ke Rt-an 03, 04, 02 dan 05.
Tps 06 di Ke Rt-an 11, 12 dan 13.
Tps 07 di Ke Rt-an 14 dan 15.
Tps 08 di Ke Rt-an 16 dan 17.
Tps 09 di Ke Rt-an 18 dan 19. Pemilih tersebut menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan hak suaranya dan menentukan pemimpin desanya dengan pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat.

Di selawaktu istirahat Ketua pemilihan Kepala Desa Cipanengah Asep Saepuloh, S.Pd menjelaskan bahwa ” pelaksanaan pemilihan Kepala Desa Cipanengah 2022 ini beda seperti biasanya, jadi sama seperti pilbub berbasis per TPS dan maksimal per TPS jangan lebih dari 500 hak pilih, itu alasan nya terkait dengan adanya Covid -19 dan itu sudah tercantum dalam perda dan perbub dituangkan di sana harus di laksanakan per TPS dan alhamdulilah dalam perjalanan pilkades selama ini kondusif berjalan dengan lancar tidak ada permasalahan serta mudah – mudahan menghasilkan pemimpin yang amanah dan berkualitas sesuai harapan masyarakat.” jelasnya

Untuk calon kepala desa (cakades)di Desa Cipanengah Kecamatan Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi itu sendiri terdapat 2 ( Dua ) Calon kepala Desa, diantaranya No. Urut 01. PIPIH SOPIAH dan No. Urut 02. YUSEP. Kedua calon tersebut atas usungan warga masyarakat Desa Cipanengah dan siapapun diantara mereka yang terpilih nanti mudah – mudahan jadi pemimpin yang amanah sesuai harapan Warga masyarakat.

Dimana Pelaksanaan pemungutan suara Pilkades ini dijaga ketat oleh pihak keamanan baik itu Koramil 0607/12 Parungkuda yang di wakili oleh Bhabinsa, kapolsek serta anggota Polsek Bojonggenteng, Panwas serta Satgas. Dalam pelaksanaannya, semua pemilih, petugas TPS dan lokasi TPS menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dalam kegiatan pemungutan pemilihan calon kepala Desa Cipanengah Kecamatan Bojonggenteng hadir pula memantau pemilihan Kepala Desa Cipanengah Camat Kecamatan Bojonggenteng H. Pendi Efendi, S.IP beliau menyampaikan kepada kami ” Bahwa untuk pemilihan kepala Desa di Cipanengah Kecamatan Bojonggenteng ini berjalan dengan aman, kondusip sukses tanpa Ekses berjalan di mulai pemungutan suara mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 14.00 Wib, dan untuk perolehan suara belum bisa kami sampaikan karena rekapan dari tiap TPS belum masuk ke TPs induk.” Ungkap camat Bojonggenteng

Pemungutan suara ini dilaksanakan dari pagi hari Pukul 07.00 Wib sampai dengan pukul 14.00 Wib. Di selang istirahat untuk Sholat Dhuhur dan makan, setelah sampai batas waktu yang di tentukan prosesi Pilkades serentak akan dilanjutkan dengan penghitungan hasil pemungutan suara.

Untuk memastikan pelaksanaan Pilkades serentak berjalan dengan lancar, sukses dan aman team Panwas melakukan pemantauan di lokasi Pemungutan suara Pilkades di Desa Cipanengah.***DjSBM

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI