Kamis, 25 April 2024
BerandadePrajaHari Jadi ke-381 Diperingati Sederhana Bupati dan Ketua DPRD Berharap Kabupaten Bandung...

Hari Jadi ke-381 Diperingati Sederhana Bupati dan Ketua DPRD Berharap Kabupaten Bandung Lebih Maju

Dejurnal.com, Bandung- Hari ini, 20 April 2022 Kabupaten Bandung genap berusia 381 tahun. Pemerintah Kabupaten Bandung, memperingati hari jadi kali ini tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya, karena dalam susana pandemi yang belum benar-benar sirna.

Terlebih, Bupati Dadang Supriatna baru menjalankan roda pemerintahan selama satu tahun. Peringatan hari jadi Kabupaten Bandung, ia lebih banyak melakukan launching kegiatan pembangunan dan pelayanan publik.

Puncak acara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bandung yang ke -381 menggelar upacara di lapangan Upakarti, Rabu (20/4/2022). Bupati Bandung Dadang Supriatna bertindak sebagai inspektur upacara.

Setelah menggelar upacara, dilanjutkan dengan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bandung, di Gedung Paripurna. Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Bandung H Sugianto itu, dihadiri Bupati Bandung HM Dadang Supriatna, Wakil Bupati Bandung H Sahrul Gunawan, Asisten Umum Daerah Provinsi Jawa Barat mewakili Gubernur Jabar, para Wakil Ketua DPRD berserta anggota, dan Forum Komonikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bandung, mantan Bupati Bandung.

Ketu DPRD Kabupaten Bandung Sugianto saat membuka rapat menyampaikan rasa syukur sampai hari ini Kabupaten Bandung berusia 381 tahun. Sugianto, atas mama pinpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bandung menyampaikan uacapan selamat hari jadi yang ke-381 kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bandung. “Semoga dengan hari jadi yang ke-381, masyarakat Kabupaten Bandung semakin maju, dan sejahtera, juara lahir batin, ” katanya.

Sugianto juga mengajak semua pihak untuk menghormati perjuangan pendahulu yang telah memperjuangkan Kabupaten Bandung sebagai salah satu kabupaten termaju di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Bandung HM Dadang Supriatna, menyampaikan, keberhasilannya selama baru satu tahun menjabat bupati. Keberhasilan tersebut yakni capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Bandung pada tahun 2021, yaitu 72,73 poin atau mengalami kenaikan sebesar 0,34 poin dari nilai IPM pada tahun 2020 yaitu 72,39 poin. Capaian IPM itu antara lain melalui kontribusi indeks pendidikan 65,51 poin, indeks kesehatan 82,65 poin serta indeks pengeluaran (daya beli) 71,06 poin.

Atas capaian tersebut, bupati Dadang Supriatna menyampaikan terimakasih kepada jajaran Pemkab Bandung dan seluruh masyarakat, sehingga capaian ini terus membaik.

Sedangkan capaian indikator pendidikan, menurut bupati, direpresentasikan dengan angka Harapan Lamanya Sekolah (HLS) dan angka Rata-Rata Lamanya Sekolah (RLS). Angka HLS Kabupaten Bandung tahun 2021 sebesar 12,7 tahun, meningkat dari tahun 2020 sebesar 12,6 tahun. Angka RLS Kabupaten Bandung tahun 2021 sebesar 9,07 tahun mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun 2020 sebesar 8,96 tahun. Pada tahun 2023 akan target angkat rata-rata lama sekolah (rls) Kabupaten Bandung meningkat menjadi 10 tahun.

Di bidang ekonomi, pada tahun 2021 digambarkan oleh LPE (laju pertumbuhan ekonomi) pada tahun 2021 tercatat 3,56%, mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2020 yang tercatat minus sebesar -1,80%.

Menurutnya, Hari Jadi ke-381 Kabupaten Bandung merupakan momentum yang sangat penting untuk melakukan evaluasi demi menjadikan Kabupaten Bandung yang lebih baik.

Dengan visi pembangunan daerah yaitu: Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Bandung yang Bangkit, Edukatif, Dinamis Agamis dan Sejahtera, Dadang Supriatna. mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bandung untuk terus berperan aktif dalam proses membangun bersama Kabupaten Bandung.

Tema peringatan Hari Jadi Kabupaten Bandung kali ini, “Bangkit Bersinergi Membangun Kabupaten Bandung Bedas.” Dengan tema ini, Bupati mengajak semua pihak untuk mewijudkan kinerja produktif, berprestasi demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan Kabupaten Bandung yang BEDAS. *** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI