Kamis, 25 April 2024
BerandadeNewsCegah Stunting, Dinkes Kabupaten Karawang Rencanakan Pemodelan Desa Stunting

Cegah Stunting, Dinkes Kabupaten Karawang Rencanakan Pemodelan Desa Stunting

Dejurnal.com, Karawang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karawang berencana melakukan pemodelan desa stunting sebagai salah satu akselerasi penanganan stunting di tingkat desa.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinkes Kabupaten Karawang, dr. Hj. Nurmala Hasanah, MM memgatakan, dengan pemodelan desa diharapkan sasaran prioritas yaitu 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) mendapatkan intervensi layanan yang wajib diberikan desa.

Dia menambahkan, dalam pelaksanaan ini pihaknya berkoordinasi dengan OPD, OP, akademisi, masyarakat dan swasta dalam pelaksanaannya.

“Salah satu kegiatan nanti yakni memantau pertumbuhan dan perkembangan balita di Posyandu secara rutin serta pemberian kapsul vitamin A pada balita usia 6-59 bulan seperti yang sedang berlangsung pada bulan Februari ini,” kata dia didampingi dr. Dede Ratna Ningrum pada Live Talkshow Aksi Bersama Cegah Stunting di Sturada 89,4 FM.

Dia mengimbau kepada orang tua agar mau membawa anaknya ke posyandu terdekat agar bisa dipantau status gizi dan kesehatannya.

“Untuk itu kami mengimbau agar orang tua membawa balitanya untuk ditimbang dan diukur serta mendapat kampus vitamin A di posyandu terdekat agar dapat dipantau status gizi dan kesehatannya,” tuturnya.

Selain itu, lanjut dia, Tim Satgas Stunting membantu Bupati Karawang dalam penanganan stunting dengan strategi penanganan percepatan penanganan stunting yakni adanya komitmen dan visi pimpinan baik mulai dari desa sampai Kabupaten atau kota.

“Sosialisasi melalui kampanye dan komunikasi perubahan perilaku, kemudian ketahanan pangan dan gizi tingkat nasional dan desa serta pemantauan dan evaluasi kegiatan. Diharapkan ini bisa menjadi contoh baik nantinya dalam penanganan stunting di Kabupaten Karawang,” ungkapnya.***RF

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI