Tinjau Banjir Selaawi, Bupati Garut : Secepatnya Kita Benahi Dampaknya

Dejurnal.com, Garut – Akhir akhir ini banjir di berbagai daerah terus menerus menerjang kawasan baik yang di kira aman apalagi daerah setiap datang musim hujan, seperti yang terjadi di Kecamatan Selaawi pada Kamis 13 Januari 2022.

Banjir Selaawi menjadi perhatian Bupati Garut H Rudy Gunawan yang datang langsung meninjau ke beberapa lokasi banjir dan longsor di kawasan Kecamatan Selaawi.

“Ada beberapa kerusakan yang diakibatkan oleh banjir ini, sedikitnya ada 5 desa terdampak akibat banjir yang terjadi pada Kamis sore tersebut,” ujar Bupati pada saat meninjau lokasi Banjir Selaawi, Jumat (14/1/2022).

Lanjut Rudy, akibat terjangan banjir ini saluran air di lokasi bencana terganggu, dan juga menyebabkan beberapa jembatan mengalami kerusakan.

“Kita akan segera melajukan langkah-langkah serta assessment dan tentunya kita akan melakukan langkah-langkah cepat, terutama kami akan segera menyediakan saluran air bersih yang terganggu hampir beberapa kilometer yang dibangun oleh desa,” ucapnya.

Baca Juga :   Pemdes Dungusiku Buat Pernyataan Akui Adanya Kelalaian Kerja Dalam Penetrasi Bansos Sehingga Timbulkan Aksi Warga

Menurut Rudy, hal ini akan drop kembali oleh pemerintah kabupaten, juga kami akan memperbaiki jembatan yang rusak dan mungkin dapat dikategorikan (mana yang) tidak layak lagi dipakai,

“Kami juga akan melakukan asesmen terhadap hal yang berhubungan dengan sawah yang terkena dampak,” ujarnya.

Pemkab Garut juga akan segera memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan memulihkan infrastruktur dasar yang menjadi sarana penunjang bagi akitivitas masyarakat.

Bupati Garut sangat apresiasi dan menyampaikan rasa terimakasihnya kepada pihak-pihak yang telah sigap dalam penanganan bencana ini, sehingga akibat bencana ini tidak ditemukan korban jiwa.

“Alhamdulillah bencana kemarin yang terjadi di Selaawi akibat hujan yang sangat deras dan lama tidak terjadi korban jiwa. Untuk harta benda kita bisa dilakukan proses gotong-royong penyelesainnya dengan pemerintah daerah,” ucapnya.

Baca Juga :   Pemerintah Kecamatan Bojonggenteng Lakukan Kegiatan Latihan Persiapan Upacara HUT RI Ke-76

Rudy menjelaskan, sampai saat ini tidak ada yang mengungsi akibat dari banjir bandang ini. Meskipun begitu, pihaknya akan hadir dan membantu para penyintas bencana yang ada di Kecamatan Selaawi ini.

”Banyak yang tergenang ya dan kita juga nanti kalau yang sangat parah sekali untuk memperbaiki rumahnya dengan membersihkan lumpur ya kita nanti kita (bantu ), pemerintah daerah akan bantu,” pungkasnya.

Hasil tinjauan Bupati Garut, beberapa lokasi yang harus secepatnya di benahi dan di betulakan seperti Jembatan Gorowong – perbatasan Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang dengan Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut, Kampung Lame Desa Mekarsari, Kampung Cibungur Desa Samida, dan Kampung Putra Jawa Desa Putra Jawa Kecamatan Selaawi.***Watono

Video Pilihan