Relawan Ibas Lakukan Aksi Fogging Basmi DBD

Dejurnal.com, Ponorogo – Mewabahnya serangan Demam Berdarah di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur memantik Legislator MPR/DPR RI Dapil Jatim VII dari Fraksi Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY) melakukan pengasapan atau Fogging. Ibas melalui Relawan Griya Aspirasi EBY Kabupaten Ponorogo mulai Sabtu (15/1/2022) melakukan pengasapan di Jalan Gondosuli, RT. 003, RW. 001 dan RT. 001, RW. 002, Lingkungan Sultan Agung, Kelurahan Nologaten, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo.

Ditemui disela-sela kegiatan, Koordinator Kabupaten (Korkab) Griya Aspirasi EBY Ponorogo, Masrul Hariyanto mengatakan bahwa penyemprotan asap atau fogging dilakukan untuk membunuh nyamuk, yang dilaksanakan para Relawan EBY yang ada di Bumi Reyog. “Kami, para relawan EBY peduli dengan kesehatan masyarakat dalam upaya menanggulangi atau mencegah penularan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD),” ujar Masrul Hariyanto.

Masih menurut dia, saluran air dan tempat-tempat bersarangnya nyamuk menjadi sasaran, begitu pula pada setiap sudut rumah warga. “Fogging ini dilakukan untuk mengantisipasi menyebarnya demam berdarah yang sudah menyerang beberapa warga di segala penjuru Ponorogo. Kita akan terus bergerak,” paparnya.

Baca Juga :   Lima Nama Balon Bupati/Wakil Partai Gerindra Menunggu Rekomendasi DPP

Selain itu dia juga menghimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dengan cara memperhatikan sanitasi, lingkungan harus bersih dari sampah dan genangan air atau bak-bak penampungan air yang harus bebas dari jentik nyamuk. “Serta menerapkan pola hidup sehat dan praktekan pola 3M yakni Menguras, Menutup dan Mengubur benda-benda bekas tak terpakai,” tandasnya.

Sementara itu Budi Setiyono selaku Koordinator Tim Relawan Tanggap Bencana EBY menyampaikan bahwa saat ini banyak warga Kabupaten terkena serangan nyamuk aedes aeghepty. “Sudah banyak warga dirawat di Rumah Sakit karena serangan nyamuk penyebab DBD,” terang Budi Setiyono atau biasa disapa Cak Botak.

Lebih lanjut Cak Botak menambahkan bahwa fogging ini dilakukan guna pencegahan penyebaran Demam Berdarah. Jadi intinya ini merupakan aksi nyata dari keprihatinan mas Ibas mengenai kondisi bangsa khususnya Dapil VII Jatim yaitu Pacitan, Trenggalek, Ponorogo, Ngawi, Magetan,” bebernya.

Selain itu dia memaparkan bahwa fogging ini dilakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian putra SBY yang saat ini duduk di kursi MPR/DPR RI itu, dalam penanggulangan DBD. “Kita juga berharap semua elemen melakukan aksi nyata dan agenda fogging penting dilakukan mengingat wabah DBD bisa menyerang siapa saja. Terutama jika warga kurang memperhatikan kebersihan lingkungan. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Makanya upaya preventif ini kami lakukan agar warga lebih waspada akan bahaya penyakit DBD,” pesanya.

Baca Juga :   Incar Kursi Ketua KNPI, Pemuda Pancasila Purwakarta Seleksi Sejumlah Kader

Pun, Budi menjelaskan bahwa sebagai kepanjangan tangan Ibas, para Relawan EBY ingin berkontribusi bagi masyarakat Dapil Jatim VII berbagai aksi sosial. “Kami berharap, hal ini akan bermanfaat bagi warga dan lingkungan sekitar. Karena kita semua tahu bahayanya penyakit DBD yang kerap merenggut nyawa,” tandasnya.

Salah satu tokoh masyarakat Lingkungan Sultan Agung, Topik mengungkapkan ucapan terima kasih atas bantuan Fogging dari Relawan Griya Aspirasi EBY Kabupaten Ponorogo. “Kami sangat terbantu sekali dengan diadakannya Fogging ini, semoga warga kami terhindar dari demam berdarah dan kami berharap bisa berlajut penyemprotan sarang nyamuk ini agar warga kami benar-benar bebas dari serangan nyamuk berbahaya tersebut,” harapnya.***(Muh Nurcholis)

Video Pilihan