Satu Lagi Kader Gontor Raih Gelar Doktor di Sydney

Ahmad Saifulloh (Foto : Istimewa)
Ahmad Saifulloh (Foto : Istimewa)

Dejurnal.com, Ponorogo – Kaderisasi merupakan salah satu Panca Jangka Pondok Modern Darussalam Gontor. Salah satu Putra Gontor yang baru saja menyelesaikan studi lanjutnya ialah Al-Ustadz Ahmad Saifulloh, M.Pd.I., Ph.D.

Ia menyelesaikan Program Doktoralnya di University of Sydney, Australia. Ustadz Saifulloh menulis disertasi dengan judul “Indonesian Pesantren, Creating Good Citizens for Indonesia’s Multicultural Society” dan menjadi dosen peraih gelar Doktoral ke-42 di Universitas Darussalam Gontor.

Baca Juga :   Bupati Bandung Terpilih : Memenuhi Kebutuhan Disabilitas Kewajiban Pemerintah

Awal September, setelah memasukkan draft disertasinya kepada proof editor untuk dikoreksi. Setelah melalui beberapa kali revisi oleh tim supervisor, pada 29 September 2021 yang lalu, draft akhir disertasinya diserahkan kepada 3 profesor penguji. Hal tersebut menjadi tanda berakhirnya masa studi doktoralnya. Berbeda dengan kampus di Indonesia, kebanyakan kampus di Australia tidak ada viva voce atau ujian terbuka.

Baca Juga :   KH. Deden Abdul Hakim : Islam Tidak Mengajarkan Sifat Anarkis, Apalagi Radikal

Ustadz Saifulloh merupakan Awardee Australia Awards Scholarship untuk studi doktoral di Australia. Beasiswa tersebut ia terima sejak tahun 2017 dan berakhir ketika draft disertasi telah diserahkan kepada penguji. Oleh karenanya, Ustad Saifulloh berencana untuk kembali ke tanah air, bersama dengan istri dan 4 putra-putrinya akan terbang ke Jakarta pada Kamis, 7 Oktober 2021.*** (Muh Nurcholis)

Video Pilihan