PPKD Cigondewah Hilir Targetkan 80 Persen Partisipasi di Pilkades 2021

Muhammad Abdul Gani anggota PPKD Cigondewah Hilir dan anggota lainnya. (Sopandi/dejurmal.com)
Muhammad Abdul Gani anggota PPKD Cigondewah Hilir dan anggota lainnya. (Sopandi/dejurmal.com)

Dejurnal.com, Bandung – Pelaksanaan Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak Kabupaten Bandung 2021 telah ditetapkan tanggal 20 Oktober 2021, pasca beberapa kali diundur.

Pamitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) mulai melakukan tahapan kembali. Salah satunya PPKD Desa Cigondewah Hilir Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung.

Ketua PPKD Desa Cigondewah Hilir H. Apipudin, S. Pd.I, diwakili anggotanya Muhammad Abdul Gani mengatakan, pasca penundaan Pilkades dan kini ditetapkan tanggal pelaksanaannya pihaknya melakukan tahapan.

” Pertama kampanye selama tiga hari, terus nanti masa tenang, dan pungut hitung pas hari H, 20 Oktober 2021. Hari ini, Kampanye pertama melakukan pemaparan visi dan missi Calkades,” tutur Muhammad seusai acara di aula Desa Cigondewah Hilir, Kamis (14/10/2021).

Pilkades Cigondewah Hilir diikuti oleh dua orang Calkades, kata Muhammad hari ini pertama kampanye bagi Callades. Dua hari selanjutnya PPKD sepakat dengan para pendamping tidak melakukan kampanye ke lapangan untuk 2 hari ke depan masa kampanye.

Baca Juga :   Pilkades Diundur, PPKD Desa Sukamenak Sedikit Leluasa Persiapkan Logistik

“Karena itu juga usulan dari tim 1 dan 2.. Mereka mengusulkan agar tidak melakukan kamapanye. Kampanyenya bisa melalui media sosial atau silaturahmi perorangan,” imbuh Muhammad.

Datar Pemilih Tetap Desa Cigondewah Hilir sebanyak 8507, yang tersebar di 23 TPS yang ditempatkan di 11 RW. Masing-masing TPS untuk di bawah 500 hak pilih. Paling banyak hak pilih di TPS Cigondewah Hilir 425 orang.

PPKD Cigondewah Hilir hari ini akhir pemutahiran KPPS. Sebelumnya ada beberapa KPPS yang memundurkan diri karena tidak mau divaksin.

PPKD Cigondewah Hilir menargetkan partisipasi wargai masyarakat 80 persen. Pihaknya akan berusaha lebih dari itu, dengan mengajak para oemdamping Calkades bekerja sama mensosialisasikan kepada warga.

Sementata itu, di tempat yang sama Plt Desa Cigondewah Hilir H. Pudin Saripudin, S. Sos mengatakan, capaian target vaksin untuk Cigondewah Hilir berdasar data dari Dinas Kesehatan mencapai 64 persen dari jumlah hak pilih.

Baca Juga :   Bupati Garut Puji Perkembangan Desa Hegarmanah Meraih Juara BBGRM Tingkat Jabar

“Alhamdulillah aman, mencapai minimal target 60 persen 3 hari sebelum hari pencoblosan,” kata H. Pudin.

Meningkatnya animo masyarakat tak lepas dari kerja sama masyarakat. harus ada kerja sama anatara ketua RT/ RW, para kader pkk, dan semua liding sektor yang ada di desa dan bekerja sama untuk mendorong masyarakat, dalam rangka vaksinasi,

Pudin menerangkan, semua desa di ahir Oktober 2021 harus bisa 60 persen sasaran vaksin 12 tahun ke atas. “Kalau usia vaksin di atas 12 tahun sudah mencapai 51 persen, belum lagi dimasukan jadwal hari ini secara reguler di Puskesmas, ” terang Pudin.

Pudin yakin persentase di akhir Oktober tercapai, ditambah besok akan menggelar vakisnasi dengan target sasaran 2000.

“Dari angka ini, yakin di angka 60 persen lebih bisa terkejar, untuk mengejar di akhir Oktober Cigondewah hanya menyisakan 800 orang Untuk capaaian 80 oersen bupati bandung menargetkan di akhir Desember.***Sopandi

Video Pilihan