Jumat, 19 April 2024
BerandaGerbangDesaPilkades Serentak Kabupaten Bandung Dipastikan Digelar 20 Oktober 2021

Pilkades Serentak Kabupaten Bandung Dipastikan Digelar 20 Oktober 2021

Dejurnal.com, Bandung – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Bandung akhirnya fix akan digelar hari Rabu, 20 Oktober 2021.

Kepastian Pilkades sejumlah 49 desa digelar tanggal 20 Oktober 2021 itu, setelah Bupati Bandung Dadang Supriatna menerima surat resmi, persetujuan Mendagri bernomor 270/5645/SJ perihal Tindak Lanjut Pelaksanaan Pilkades Serentak dan Pemilihan Antar Waktu (PAW) pada Masa Pandemi Covid-19 Pasca Penundaan.

“Alhamdulillah, Pilkades Serentak dan PAW sudah di-acc Mendagri, sehingga bisa dilaksanakan pada Rabu 20 Oktober 2021,” ungkap bupati di Soreang, Jumat (8/10/2021).

Dalam surat tersebut Mendagri Tito Karnavian menginstruksikan agar kabupaten/kota pelaksana Pilkades Serentak dan PAW untuk mempersiapkan pelaksanaannya setelah tanggal 9 Oktober 2021.

Antara lain dalam pelaksanaannya nanti dilakukan pembatasan jumlah pemilih di TPS dibatasi 500 DPT, dan diatur juga jadwal kedatangan pemilihnya.

Untuk wilyah yang terkendali penyebaran Covid-19, Mendagri meminta untuk tidak lengan dan tetap konsisten melaksanakan protokol kesehatan 5M. Selain itu juga mendorong percepatan vaksinasi, khususnya di desa-desa yang menggelar pilkades.

Dalam hal situasi penangan protokol kesehatan pencegahan dan pengendallian Covid-19 tidak dapat dikendalikan, Mendagri meminta untuk menunda pelaksaaan Pilkades Serentak dan PAW.

“Jadi, pelaksanaan Pilkades Serentak tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang diperketat. Semoga lancar semuan dalam pelaksanaannya nanti,” ucap bupati.

Sementara itu, mengetahui kabar Pilkades kali digelar tanggal 20 Oktober 2021, beberapa calkades menyambut gembira. Salah satu Calkade Desa Sukamenak, Kecamatan Margahayu Taufik mengucap syukur alhamdulillah. “Mudah-mudahan lancar, tidak ada kendala lagi, ” katanya.

Disambut gembira pula oleh Ketua Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Desa Sukamenak, Ahmad Ridwan. “Mudah-mudahan tidak diundur lagi. Sudah jenuh, ” katanya. ***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI