Jumat, 19 April 2024
BerandadeHumanitiBudayaDisparbud Garut Dorong Lebak Agung Jadi Desa Pemajuan Kebudayaan dan Wisata

Disparbud Garut Dorong Lebak Agung Jadi Desa Pemajuan Kebudayaan dan Wisata

Dejurnal.com, Garut – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, H. Budi Gan Gan berkunjung ke Makam Godog Desa Lebak Agung Kecamatan Karangpawitan, guna melihat peluang potensi Desa Lebak Agung menjadi Desa Pemajuan Kebudayaan dan Wisata.

“Makam Godog termasuk tempat yang sudah dikenal dan banyak dikunjungi peziarah, kendati demikian Pemkab Garut ingin lebih meningkatkan potensinya, selain jadi tempat ziarah juga ada destinasi wisata lain,” ujarnya, Kamis (7/10/2021).

Lanjut Budi Gan Gan, dengan Makam Godog yang sudah menjadi magnet wisata ziarah, pihaknya ingin Desa Lebak Agung bisa meningkatkan diri menjadi desa pemajuan kebudayaan dimana potensi budaya masyarakat bisa dikembangkan lagi.

“Namun hal itu tentunya kembali kepada masyarakat dan pemerintah desa Lebak Agung sendiri, pihak kami tentu akan mendorong,” ucap Kadisparbud.

Budi Gan Gan mengungkapkan bahwa saat ini Kabupaten Garut memproyeksikan membentuk 50 desa wisata dan tujuh desa pemajuan kebudayaan dan wisata.

“Kita akan mendorong desa-desa yang ingin menjadi desa wisata,” pungkasnya.

Selain Kepala Disparbud, dalam kunjungan tersebut dihadiri Kabid Kebudayaan bersama beberapa staf, Ketua Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut (DKKG) beserta beberapa staf yang ikut mendorong pemajuan kebudayaan bagi desa desa di Kabupaten Garut.

Sementara itu, Kepala Desa Lebak Agung, Oman LA, menyambut baik apa yang disampaikan pihak dinas, karena hal itu seiring dengan visi dan misinya menjadikan Desa Lebak Agung Sabanda.

“Sabanda artinya sejahtera, beriman dan berbudaya,” ujarnya.

Namun demikian, lanjut Oman, karena dirinya baru menjabat kepala desa sekitar satu bulan setengah, pihaknya berharap bantuan pemikiran dari berbagai pihak untuk mewujudkannya.

“Desa Lebak Agung ini memiliki potensi yang sangat luar biasa, namun jujur kekurangan sumber daya manusia untuk dapat mengolahnya,” ucapnya.

Ia akan bermusyawarah dengan elemen masyarakat desa terutama para juru kunci Makam Godog untuk mengimplementasikan apa yang disampaikan Disparbud Garut.

“Ada banyak hal yang perlu dibenahi di Lebak Agung utamanya SDM,” pungkasnya.***Raesha

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI