Selasa, 16 April 2024
BerandadeBisnisTeraktif Sebagai Nasabah Bank Sampah Disperkimtan Diganjar Penghargaan

Teraktif Sebagai Nasabah Bank Sampah Disperkimtan Diganjar Penghargaan

Dejurnal.com, Bandung – Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bandung mendapat penghargaan sebagai peringkat pertama, nasabah bank sampah teraktif.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Bupati Bandung pada Peringatan Hari Kebersihan Sedunia (World Claanup Day/ (WCD) tingkat Kabupaten Bandung yang digelar di Taman Edukasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) di Soreang, kemarin.

Disperkimtan dinilai paling produktif menabung di bank sampah Bangkit Produktulif, program yang diluncurkan Bupati Bandung “BEDAS” Bandung bersih dan sehat (B3S) yang sekarang sedang dikembangkan di idesa dan instansi -instansi.

Pada Kesempatan itu, Kepala Disperkimtan Kabupaten Bandung Dr. Ir. Erwin Rinaldi M. Sc, menyampaikan, sampah memang bukan hanya menjadi masalah di Kabupaten Bandung, tapi juga di Indonesia dan bahkan dunia. Namun menurutnya, sampah memang sumber masalah, tetapi bisa berguna bagi bila dikelola dengan baik.

“Sampah bisa bermanfaat, tergantung bagaimana mengelolanya. Misalnya membiasakan diri memilah sampah mulai dari sampah rumah tangga. Antara sampah organnik dan anorganik dipisahkan. Yang organik jadi pupuk dan yang anorganik lari ke bank sampah atau didaur ulang,” katanya.

Hal ini, imbuh Erwin dapat mengurangi limbah sampah. Sedangkan kebiasaan yang lainnya yang dapat mengurangi sampah yakni itu dengan cara membiasakan diri membawa bekal minum kemasan botol isi ulang. “Botol minum yang dapat digunakan berulangkali bisa mengurangi limbah plastik,” pungkasnya. ***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI