Pelebaran Jalan Lintas Selatan Sedang Disosialisasikan ke Warga Pasirjambu

Rapat PUPR dengan Muspika dan masyarakat di Aula Kecamatan Pasirjambu.
Rapat PUPR dengan Muspika dan masyarakat di Aula Kecamatan Pasirjambu.

Dejurnal.com, Bandung – Dari 10 desa yang ada di Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, ada 6 desa yang terlintasi pelebaran jalan lintas selatan. Dinas PUPR Provinsi Jawa Barat sedang melakukan sosialisasi kepada warga yang kemungkinan lahamnya terkena pembebasan dari pelebaran jalan tersebut.

Camat Pasirjambu H. Rahmat mengatakan di antara desa yang terlintasi jalan tersebut yakni jalan desa Mekarsari, Desa Gambung, Cisondari, dan tiga desa lainnya.

Menurut H. Rahmat, saat ini PUPR baru melaksanakan segmen ketiga rapat dengan warga. “PUPR belum berbicara mengenai pembebasan lahan. Jadi kemungkinan paksanaannya juga tahun depan, ” kata H. Rahmat seusai menghadiri rapat di aula Kecamatan Pasirjambu, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga :   Polres Subang dan Polsek Cipendeuy Gelar Penyekatan dan Pemeriksaan Kendaraan

Rapat tersebut dihadiri Muspika setempat dan para tokoh masyarakat, serta para kepala desa dari 6 desa yang terdampak dari pembangunan jalan tersebut.

H. Rahmat mengaku, warga Pasirjambu antusias dengan akan adanya pelebaran jalan lintas tersebut, karena nantinya jika jalan sudah jadi bagus akan mengangkat status sosial dan ekonomi masyarakat, termasuk sektor pariwisata.

“Dengan melihat kondisi jalan seperti sekarang tidak sebanding dengan volume kendaraan yang masuk ke kita. Karena ini terkait dengan pembukaan tol Soroja. Ini bisa dihitung pada saat weekand bagaimana antrian kendaraan,” ujar H. Rahmat.

Baca Juga :   Pemkab Purwakarta Koordinasikan Percepatan Penanganan Jalur Arteri

Menurut Rahmat, pelebaran jalan lintas tersebut diperkirakan kiri dan kanan selebar 1,5 meter sampai 2 meter. Ia berharap, jika sudah jadi fasilitas yang dibangun pemerintah ini, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sementara itu, Kepala Desa Tenjolaya Is Somantri mengaku secara pribadi mendukung. Ia berharap, jika jalan yang akan dibangun itu nanti berkaitan dengan pembebasan lahan terhadap warganya, harus jelas dan bagaimana sosialisasinya.***Sopandi

Video Pilihan