DLH Kabupaten Bandung : Mengelola Lingkungan itu Cukup 2 M

Dejurnal.com, Bandung – Bidang konservasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung memuji warga RW 12, khususnya di lingkungan RT 10, Desa Mekarrahayu, Kecamatan Margaasih yang telah mendarah daging kesadaran akan kebersihan lingkungan mereka.

Demikian disampaikan Ahmad Hidayat mewakili Kepala DLH Kabupaten Bandung Asep Kusumah saat pendampingan Program Kampung Bedas (Bersih, Cerdas, dan Sehat), Senin (13/9/2021).

Ahmad menyebutkan, mengelola lingkungan itu cukup 2 M, mau dan mampu. “Kadang-kadang ada orang yang mau tapi tidak mampu, ada juga yang mampu tapi tidak mau. Mampu sarana dan prasarana tapi belum mampu,” ujarnya.

Pihaknya berharap, ada pembaharuan dari setiap warga dalam upaya penyelamatan lingkungan yang mungkin mulai dari diri pribadi di lingkungannya masing-masing, sehingga menimbulkan dampak yang positif terhadap nilai jual suatu daerah.

“Kami berharap itu dilakukan oleh masyarakat di Kabupaten Bandung, terutama tokoh-tokoh masyarakat turut membantu mensosialisasikan kampung yang bersih, aman dan sehat yang merupakan tujuan Kampung Bedas itu sendiri. Jadi slogan Bedas itu betol ada di jiwa masyarakat,” urainya.

Baca Juga :   350 Warga Desa Cangkuang Kulon Ikuti Vaksinasi Hari Ini

Camat Margaasih Asep Ruswandi bersyukur warga RW 12, khususnya RT 10 mengapresiasi warga RT 10 tersebut. “Program Kampung Bedas, setelah kita melihat di RW 12, khususnya RT 10 Desa Mekarrahayu, alhamdulillah kita bisa melihat bagaimana antusias masyarakat kepeduliannya terhadap lingkungan, baik itu untuk kebersihan ya, penghijauannya, termasuk pengelolaan sampah, kelihatannya disini telah tertata. Mudah-mudahan jadi contoh RW& RW yang lain, bagaimana yang mengelola lingkungan, bagai mana masyarakat karena kalau lingkungan bagus itu manfaatnya untuk masyarakat juga.

Kepala Desa Mekarrahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung H. Iip Saripulloh angakat jempol kepada warga
Bidang Konservasi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung mengapresiasi

Baca Juga :   Menanggung Malu Akibat Ulah Kades, Masyarakat Cimaragas Geram

Dinas Lingkungan Hidup, upaya dari Warga masyarakat yang betul- betul telah mendarwh dating di RT 10/RW 12, Desa Mekarrahayu, Kecamatan Margaasih Picontoeun dan ditiru oleh warga yang lainnya. LH melihat warga.

Mengelola lingkungan itu cukup 2 M., Mau dan mampu. Kadang-kadang ada orang yang mau tapi tidak mampu, ada yang mau tapi tidak mampu. Mampu sarana dan prasarana tapi belum mampu.

Program Kampung Bedas, setelah kita melihat di RW 12, khususnya RT 10 Desa Mekarrahayu, alhamdulillah kita bisa melihat bagaimana anisias masyarakat kepeduliannya terhadap lingkungan, baik itu untuk kebersihan ya, penghikauannya, teasuk pengelolaan sampah, kelihatannya disini telah tertata. Mudah-mudahan jadi contoh RW RW yang lain bagaimana yang mengelola lingkungan, bagai mana masyarakat karena kalau lingkungan bagus itu manfaatnya untuk masyarakat juga. ***Sopandi

.

Video Pilihan