Upaya Penguatan Kapasitas UMKM di Tiga Desa PT Geo Dipa Energi Gelar Pelatihan

Dejurnal.com, Bandung – Sebagai salah satu upaya turut berperan dalam penguatan kapasitas usaha kecil, mikro, menengah (UMKM) dalam pemrosesan dan pemasaran produk hasil tani, PT. Geo Dipa Energi (Persero) menggelar program pelatihan “Desa Unggul GeoDipa”.

Pelatihan ini dilangsungkan pada tanggal 28 sampai 31 mei 2021 di tiga desa yaitu Desa Alamendah, Panundaan, dan Dan Sugihmukti serta diikuti oleh 21 pemilik UMKM.

Manager Proyek Patuha 2 Budi Sutrisno mengungkapkan, program ini bertujuan meningkatkan standar mutu dari produk UMKM yang sudah berkembang di masyarakat sekitar proyek area GeoDipa dan dilaksanakan secara berkelanjutan sebagai wujud komitmen GeoDipa untuk mendorong desa yang maju demi tercapainya kesejahteraan.

“Pasirjambu, Ciwidey, Rancabali ini dianugerahi hasil pertanian dan pariwisata yang bagus serta unggulan di daerah Bandung Selatan. Program ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan. Semoga hasilnya dapat meningkatkan pemasaran tidak hanya ditingkat lokal tapi juga bisa maju ditingkat nasional ”Ujar Budi melalui siaran Pers , Selasa (01/6 )

Baca Juga :   Salah Satu e-Warung Penyalur BPNT Desa Cisontrol Rancah, Diduga Fiktip?

Materi Pelatihan berupa operasi berusaha dan marketing.Peserta diajak untuk memperdalam basic finansial management, inovasi dan pemasarang, operasi plans serta produk higienis.

Kepala Desa Panundaan, Aep Surahman, S.Sos. memberikan apresiasi terhadap program yang dilaksanakan oleh GeoDipa dan berharap kerjasama yang sudah dijalin akan terus berlanjut. Hal serupa diungkapkan juga oleh Kepala Desa Sugihmukti, H. Ruswan Bukhori. ”Program seperti ini yang sangat dibutuhkan masyarakat, tidak hanya bersifat bantuan tetapi peningkatan kapasitas secara kontinyu supaya masyarakat bisa maju dan mandiri,”ujarnya.

Baca Juga :   Kurangi Angka Pengangguran, Disnakertrans Subang Lakukan Kerjasama Dengan Sejumlah Pabrik

H. Awan Rukmawan selaku Kepala Desa Alamendah berharap kedepan perlu ada tindak lanjut berupa stimulan dalam hal permodalan dan bantuan pemasaran dari pihak GeoDipa supaya produk UMKM dari masyarakat dapat menembus pasar yang lebih luas.

Pelatihan diawali dengan pre-test untuk para peserta. Setelah itu, pemateri memaparkan materi tentang manajemen keuangan, etika bisnis, pemasaran serta brand awareness. Diakhir sesi, pemateri memberikan ruang untuk diskusi bagi para peserta. Selama proses diskusi, peserta banyak mengutarakan permasalahan yang dialami selama menjalan bisnis dan meminta rekomendasi strategi dari para pemateri.***Sopandi

Video Pilihan