Tenggelam Dalam Lubang Septic Tank, Tiga Warga Garut Kota Tewas

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Dejurnal.com, Garut – Tiga dari lima orang warga tenggelam dan diduga menghirup gas beracun setelah masuk ke dalam lubang septic tank setinggi enam meter. Peristiwa tersebut terjadi di Kampung Cibening, Kelurahan Cimuncang, Kecamatan Garut Kota (Garkot), Garut, Jumat (5/7/2021) siang.

“Betul kejadiannya siang tadi. Korban lima orang, tiga di antaranya MD (meninggal dunia),” ucap Kapolsek Garut Kota Kompol Hermansyah.

Herman menjelaskan, insiden tersebut bermula saat Ratna Sari (30), salah seorang korban tengah membersihkan rumput di sebuah tebing dengan tinggi empat meter. “Saat sedang membersihkan rumput, korban terperosok ke dalam septic tank,” kata Herman.

Melihat istrinya terperosok dan tenggelam di septic tank, Roni (35) langsung berupaya menolong dan menceburkan diri. Tak hanya Roni, Jaka (33), Dadang (42) dan Muslim (25) juga ikut memberikan pertolongan.

Menurut Herman, saluran septic tank yang diperkirakan mengandung gas beracun itu membuat para korban lemas dan tidak sadarkan diri. “Septic tank diduga kedalamannya sekira enam meter dan diduga mengandung gas beracun,” katanya.

Ratna, Roni dan Jaka tewas seketika di lokasi kejadian. Sementara Dadang dan Muslim yang datang paling akhir berhasil menyelamatkan diri meski keadaan lemas.

Personel Disdamkar Garut yang datang ke lokasi untuk mengevakuasi para korban. Seluruh korban berhasil dievakuasi.

“Korban selamat langsung kita evakuasi ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan,” pungkasnya.

Plh. Humas Polres Garut Ipda Muslih membenarkan kronologi atas adanya peristiwa tersebut.

“Ya, sudah ditangani dan pihak keluarga menolak untuk divisum,” jelasnya.***Udg