Puskesmas Edukasi Pemdes Sukaluyu Giat Fogging Mandiri

Dejurnal.com, Karawang – Pemerintah Sesa Sukaluyu giat lakukan pencegahan wabah DBD dengan menggelar pogging disejumlah wilayah perumas BTJ dan perkampungan di lima kedusunan lingkup desa Sukaluyu.

Hal ini dilakukan guna memberantas nyamuk Aedes Aegpyt yang bersarang di tempat penampungan air dan saluran air got di lingkungan dan di dalam rumah warga.

Kades Sukaluyu, Hj. Lina Herlina

“Kita terus berkordinasi dengan Puskesmas Teluk Jambe dan bersama berupaya melakukan pogging dan penyuluhan terhadap warga tentang bahaya dan pencegahan penyakit DBD yang saat ini sedang menjangkit warga lingkup Desa Sukalu,” Kata Kades Sukaluyu Hj Lina Herlina, Sabtu (22/5/2021).

Baca Juga :   Pemdes Kertajaya Simpenan Adakan Rapat Kordinasi Bahas Perbaikan Gedung Desa

Menurut Kades Sukaluyu, sejak pekan kemarin pihaknya dengan Lima kepala dusun terus melakukan monitoring karena ada warga yang terjangkit DBD. Hari ini saja baru tuntas kegiatan pogging di blok Q dan blok M wilayah Dusun V dan mengevakuasi dua warga blok P dan warga Kalipandan positif Covid-19 ke RS Primaya.

“Kita terus bekerja sama dengan Kepala Puskesmas Teluk Jambe Dr Nugraha untuk melakukan penyuluhan tentang pencegahan dan bahaya DBD,” jelas Hj Lina Herlina.

Baca Juga :   Cegah Kerumunan, Pembagian Bansosprov Desa Rancaekek Kulon Terapkan Pola Jadwal

Ia juga menambahkan masyarakat desa Sukaluyu agar senantiasa menjaga kesehatan dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menguras membersihkan dan menutup tempat air diluar maupun didalam rumah dan menjaga kebersihan lingkungan agar nyamuk aedes aegpty tidak bersarang.

“Pemdes Sukaluyu akan terus berupaya melakukan tindakan yang kongkrit untuk mencegah wabah DBD,” pungkas Hj Lina Herlina.***RF

Video Pilihan