Pemkab Purwakarta Gelar Rakor Lintas Sektor

Dejurnal.com,Purwakarta – Dalam rangka peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2021. Pemkab Purwakarta gelar pertemuan dan koordinas lintas sektor, di Bale Maya Datar,Kamis,(27/5/2021).

Mewakili Bupati Purwakarta, Sekda Purwakarta, Iyus Permana mengatakan sebagai upaya percepatan pelaksanaan imunisasi vaksin Covid-19, peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2021 ini pelayanan diarahkan dengan melaksanakan Gebyar Vaksinasi Covid-19.

“Pelaksanaan vaksinasi terhadap lansia di kabupaten Purwakarta dilakukan secara bertahap dan sebelumnya di bulan April penyuntikan vaksinasi juga dilakukan kepada 50 orang di Bale Maya Datar Pemda Purwakarta, sedangkan lainnya dilakukan di 20 Puskesmas dan rumah sakit yang memang telah ditunjuk untuk vaksinasi,” kata Iyus.

Baca Juga :   Kodam III Siliwangi Bakal Tinjau PSBB Pasar Baru Karawang

Menurutnya, HLUN dengan tema; Bersama Lansia, Keluarga Bisa ini masksudnya adalah bahwa keluarga merupakan lembaga terkecil yang menjadi tempat persemaian cinta kasih bagi setiap orang. Dari kondisi tersebut, maka orang tua yang menjadi penjuru bagi generasi muda sekaligus panutan.

Ia juga mengatakan, pelaksanaan vaksinasi terhadap lansia sangatlah berbeda karena perlu adanya screening kerapuhan, lansia yang lolos tes kesehatan adalah yang tidak memiliki penyakit komorbid atau penyakit bawaan lebih dari dua jenis.

Baca Juga :   Bupati Subang H Ruhimat melakukan Penyegaran Dilingkungan ASN

Yang perlu diperhatikan pada lansia adalah tidak pernah alami penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya dalam satu bulan terakhir.

Gebyar Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Purwakarta akan dilaksanakan pada tanggal 3-15 Juni 2021 di masing-masing kecamatan, bisa di puskesmas maupun kecamatan sesuai dengan situasi dan kondisi. Sedangkan jumlah peserta vaksinasi adalaha 100 lansia per faskes dalam satu hari,” tuturnya.

Dalam kegiatan pertemuan dan koordinasi lintas sektor tersebut, nampak hadir Kepala Puskesmas dan Camat Se-Kabupaten Purwakarta serta

Video Pilihan