H.B. Budiraharjo : Jadi Lansia Harus Mandiri

Drs. H. Bambang Budiraharjo, M.Si
Drs. H. Bambang Budiraharjo, M.Si

Dejurnal.com, Bandung – Masa lansia sebuah masa yang belum tentu dialami semua orang. Beda dengan masa balita pasti pernah dilewati semua manusia. Masa lansia bisa menenangkan bila lansia itu sensiri mandiri, tidak mengandalkan perhatian khusus dari anak cucu.

Lembaga Lanjut Usia (LLI) merupakan wadah para lanjut usia. Lembaga ini punya peran dalam mensupor para lansia untuk selalu beraktivitas dan riang gembira.

Ketua Harian LLI Kabupaten Bandung Drs. H. Bambang Budiraharjo mengaku, pernah mendatangkan pakar-pakar dari luarJawa untuk menjadi nara sumber yang memotifasi agar lansia harus mau bertani dan sebagainya, tidak mengandalkan dari anak cucu.

Baca Juga :   Ditabrak Pelaku Tak Bertanggungjawab, Korban Driver Ojol Tanggung Biaya Sendiri

“Lansia itu harus mandiri, sehingga nara sumber itu membekali pengetahuan bagaimana untuk mendapat penghasilan yang cukup besar. Itu salah satunya,” kata Budiraharjo saat dihubungi di Soreang, Senin (31/5/2021).

Budiraharjo menambahkan, dalam hal progran kerjja LLI Kabupaten Bandung menjadi kebanggaan LLI tingkat pusat, karena LLI Kabupaten Bandung kepengurusannya sampai tingkat desa. “Waktu pelantikan di Kopo Square beberapa waktu lalu yang hadir sampai 1.300 orang,” katanya.

Lanjut usia di LLI kabupaten Bandung, tutur Budiraharjo berasal dari berbagai profesi. Ada petani, pennsiunan TNI Porli, PNS, dan pengusaha. Di LLI ada program pelatihan untuk mengembangkan usaha atau UKM.

Baca Juga :   Komunitas Pengamen dan Badut Mendapat Bansos dari Kapolsek Garut Kota

Selain itu, pelayanan kesehatan untuk para lansia pun sudah ditangani oleh bidangnya. Para lansia di LLI punya jadwal senam tiap hari Minggu.dan Jumat. Selain jasmaninya, mereka juga dibekali rohani.dengan jadwal pengajian yang ditangani bidangnya.

Dalam gerakan sosial, LLI Kabupaten Bamdung, pada bulan Ramadhan yang baru lalu memberikan sembako ke tiap dapil. *** Sopandi

Video Pilihan