Anggota Poktan Bancaran Terima TLT Tiga Ratus Ribu Rupiah Jelang Lebaran

Dejurnal.com, Ponorogo – Ada yang beda dialami para anggota Kelonpok Tani (Poktan) ‘Bancaran’ Dukuh Duwet,  Desa Bancar,  Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo  dalam menyambut Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1442 H tahun ini. Pasalnya setiap menjelang Lebaran para anggota menerima Paket Sembako,  untuk tahun ini menerima Tunjangan Langsung Tunai (TLT) sebesar Rp.  300.000,00.

TLT diserahkan langsung oleh Pengurus Poktan ‘Bancaran’ kepada 75 orang anggota di Sekretariat Poktan ‘Bancaran’,  Rabu (5/5/2021) malam. “Pada tahun ini Alhamdulillah Keluarga besar Poktan ‘Bancaran’ setiap anggota menerima Tunjangan Langsung Tunai atau TLT,” terang Tubari selaku Ketua Poktan ‘Bancaran’. 

Dia menambahkan TLT yang dibagikan merupakan hasil berbagai Unit Usaha yang dijalankan oleh Poktan ‘Bancaran’ yang berdiri sejak tahun 1982 tersebut.  “Kita berkomitmen bahwa Poktan ‘Bancaran’ adalah dari,  oleh dan untuk para petani yang sudah tergabung,” paparnya. 

Baca Juga :   MTs Darul Ma'arif Fasilitasi Deklarasi Pengurangan Penggunaan Plastik

Pihaknya berharap ke depan Poktan ‘Bancaran’ makin besar dan berkembang. Selain pertemuan rutin anggota Selapanan Poktan ‘Bancaran’ juga selalu melakukan berbagai inovasi untuk kalangan petani,  khususnya para anggota agar lebih maju dan berkembang bersama para PPL,  Kantor BPP Kecamatan Bungkal maupun Dinas Pertanian Kabupaten Ponorogo.

Hal sama juga diutarakan oleh Samuri selaku pengurus yang lain. “Monggo kita semua selalu memajukan Poktan ‘Bancaran’ dengan selalu berperan aktif dalam banyak kegiatan yang sudah ada,” pinta Samuri. 

Lebih lanjut dia menjelaskan apa yang sudah dilakukan oleh Poktan ‘Bancaran’ tersebut merupakan bukti bahwa apapun organisasi atau kelompok maupun komunitas akan bisa bertahan dan maju kalau semua elemen (anggota) yang ada selalu berkomitmen dan bertanggungjawab sesuai Tupoksinya. “Kami semua yakin tidak ada manusia yang sempurna karena kesempurnaan adalah milik alloh SWT,  begitu juga dengan Poktan ‘Bancaran’ ini harus tetap ada dan hidup agar pertanian kita makin maju dan berkembang kedepannya,” jelasnya. 

Baca Juga :   Wabup Jimy Rapat Bareng Gubernur dan Menteri PUPR Tangani Banjir

Dalam diri anggota Poktan ‘Bancaran’ harus saling percaya dan bertanggungjawab. “Falsafah Ing Ngarso Sung Tulodho,  Ing Madyo Mangun Karso,  Tut Wuri Handayani harus selalu dipegang teguh agar Poktan ‘Bancaran’ terus berkembang,” tandasnya.***Muh Nurcholis

Video Pilihan