Wabup Pimpin Bahas Penyelesaian Masalah Kekeringan dan Normalisasi Irigasi Batujaya-Pakisjaya

Dejurnal.com, Karawang – Wakil Bupati memimpin rapat rencana penyelesaian masalah kekeringan dan normalisasi irigasi Batujaya-Pakisjaya di Kecamatan Batujaya Karawang, Sabtu (17/4/2021)

Dalam rapat tersebut juga hadir Dandim 0604 Karawang, Kapolres Karawang, Kepala Dinas PUPR Karawang, Kepala Dinas Pertanian, Kepala DLHK, Kepala Plt Diskominfo, Kepala BAPPEDA, Camat Batujaya, Camat Pakisjaya. Hadir juga Dansektor 19 Citarum Harum, PJT II.

Wabup mengatakan, kekeringan yang terjadi di Batujaya dan Pakisjaya karena berbagai faktor. Salah satu faktor karena banyak berdiri bangunan serta jembatan yang tidak memiliki izin baik dari PJT maupun dari pihak kecamatan. Sehingga terjadi penyempitan lahan irigasi yang mengakibatkan debit air berkurang.

Dijelaskan Wabup, untuk rencana jangka pendeknya, pihaknya akan melakukan normalisasi irigasi dan menertibkan bangunan-bangunan liar di sekitar irigasi agar debit air yang mengalir tidak terhambat.

Baca :   Kades Sukaluyu Terus Berbenah Optimalkan Pelayanan Masyarakat

“Semoga ke depan, masalah kekeringan yang terjadi bisa teratasi dengan baik, agar para petani dan sektor pertanian yang menjadi jantung ekonomi Karawang bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Untuk jangka panjangnya, ia mengatakan, ada rencana membangun embung. Pembangunan Embung tersebut nantinya memiliki multifungsi. Selain untuk serapan air, ketika hujan deras.

“Juga bisa membantu mengairi sawah dan menghidupi pertanian warga saat musim kemarau tiba. Tak hanya itu, keberadaan embung juga bisa menjadi pariwisata edukatif untuk masyarakat,” katanya.***RF