Mudik Dilarang, Penumpukan Penumpang Bis di Bekasi Mulai Marak

Dejurnal.com, Bekasi – Sepekan jelang diberlakukannya pelarangan mudik oleh Pemerintah, penumpukan penumpang mulai terjadi di salah satu PO bus di jalan arteri tol Cibitung, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi yang melayani rute ke wilayah di pulau Madura.

Sejak pagi masyarakat yang sudah jauh-jauh hari membeli tiket untuk mudik ke beberapa daerah di pulau Madura mulai berkumpul menunggu kedatangan bus yang akan memberangkatkan mereka ke tempat tujuan.

Maysaroh, salah satu pemudik yang akan mudik ke Kabupaten Sampang, mengaku telah membeli tiket keberangkatan sejak sepekan yang lalu, namun masih kesulitan berangkat mudik karna beberapa bus yang lebih dulu tiba di PO tersebut sudah penuh.

“Iya mudik, lebaran nanti mau ziarah kemakam, lebaran sama keluarga dan orang tua” ungkapnya, Kamis (29/4/2021).

Para pemudik mengaku belum memiliki surat hasil tes swab antigen atau surat yang menyatakan mereka bebas covid 19 sebagai salah satu persyaratan yang wajib ada saat melakukan perjalanan mudik.

“Gak tau itu, iya gak ada tes swab antigen. Mudah-mudahan bisa selamat sampai tujuan” ujar Maysaroh.

Terjadinya lonjakan pemudik diakui oleh pengelola PO bus tersebut, Bahar mengatakan lonjakan keberangkatan para pemudik akibat sudah mulai adanya libur bagi kegiatan anak-anak sehingga baru bisa berangkat mudik hari ini.

“Untuk lonjakan iya ada hari ini, sebelumnya juga gak ada dan juga paling ada lagi berangkat itu nanti pada sepekan kedepan” jelas Bahar.

Bahar menjelaskan pihaknya baru akan memberhentikan keberangkatan mudik pada tanggal 6 Mei hingga 17 Mei 2021 mendatang, sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan pemerintah.

“Nanti tangga 6 baru semua armada dan PO bus itu berhenti beraktivitas, tidak ada armada yang beroperasi sampai tanggal 17 Mei” tutupnya.***Eka/Red