Menjaga Warisan Leluhur, Debus Milenial Gandeng Putra Karawang

Dejurnal.com, Karawang – Debus merupakan kesenian bela diri yang mempertunjukan kemampuan manusia yang luar biasa, misalnya kebal senjata tajam, kebal air keras, dan lain- lain. Kesenian ini berawal pada masa pemerintahan Maulana Hasanuddin dari Banten pada abad-16 (1532–1570).

“Demi menjaga warisan leluhur dalam seni beladiri pencak silat dan Debus , dan Karawang adalah daerah yang berpotensi harus dikembangkan, karena anak-anak muda belum mengenal bahkan sangat minim informasi mengenai seni beladiri, seni beladiri yang sudah turun temurun,” ungkap H Mahar Kurnia saat menerima pengurus pusat debus milenial dikantor Yayasan Putra Karawang, Graha Putra Palumbonsari Karawang, Selasa (27/21/2021).

“Kita punya banyak tugas untuk menjaga Marwah dan warisan leluhur ini, kita akan siapkan padepokan dan mengajak seluruh anggota yang tergabung dalam beberapa komunitas dan organisasi untuk itu menjaga warisan ini,” sambungnya.

Baca :   Pembangunan Jembatan Walahar Dipastikan 2021 Tertunda

Hal senada disampaikan pengurus pusat Debus Milenial Mang Amin, sapaan akrab tokoh muda Banten yang terus konsen mengembangkan debus Milenial sampai ke beberapa negara Asia.

“Kami akan buka di Karawang dan kami akan bekerjasama dengan Putra Karawang sebagai wadah guna untuk menjaga warisan budaya orang tua kita,” ujar Mang Amin.

Ditempat yang sama, Ki Baong Sadewa Pimpinan Seni beladiri Pencug, Yayasan Pencug mustika turut menyampaikan bahwa Kita harus mengenalkan segala macan kesenian yang menjadi warisan leluhur kepada Anak-anak muda dan perlu adanya edukasi, karena pengaruh budaya luar terus menggerus tata tradisi budaya. “sehingga kami perlu mendirikan debus Milenial di Karawang,” ujar Ki Baong Sadewa.

Baca :   LSM Kompak Reformasi Gugat Pelantikan 4 Pejabat Fungsional Arsiparis Disperpusip Karawang

“Saat ini debus milenial sudah bekerjasama dengan instansi dan korp militer seperti kopassus ,dan instansi TNI lainnya, dan kami berharap, Karawang menjadi daerah pengembangan yang pesat ,tentang seni beladiri debus ini agar makin kuat ,demi menjaga warisan budaya bangsa ,sebagai asset Indonesia yang meski dijaga secara terus menerus” pungkas Ki Baong Sadewa.***Gd/Rf