Koperasi Patroli Lintas Indonesia Ciamis Kolaborasi Bangun Kemitraan Dengan Komunitas BIRBAKUM Garut

Dejurnal.com, Garut – Dalam rangka pengembangan koperasi, membangun kolaborasi dinilai penting agar koperasi bisa berkembang. Jejaring tersebut akan juga mengoptimalkan sumber daya tiap koperasi. Koperasi Patroli Lintas Indonesia (KPLI) bersepakat mengembangkan koperasi KPLI di Kabupaten Garut bersama Ketua Komunitas Birbakum Garut.

“Yang mana akan dibukanya Cabang Koperasi Patroli Indonesia Cabang Garut,” Ujar Ketua Perwakilan Jawa Barat Media Patroli, Yanto Arip Saprudin.

Sementara itu, Ketua Birbakum Garut, HM. Riesta Kuspriansyah SH, mangatakan operasi mengandung nilai-nilai budaya, sosial ekonomi, dan sosial politik dan dengan kolaborasi sinergitas atau kerjasama yang akan dibukanya jaringan Cabang Koperasi Patroli Lintas Indonesia di Kabupaten Garut maka akan menciptakan koperasi yang kuat dan memperkokoh NKRI.

“Sebab, tidak bisa Kita Pungkiri bahwa setiap daerah mengalami ketergantungan terhadap daerah lain,” kata Ketua Birbakum yang akrab disapa Om Riesta.

Adapun cakupan atau Bidang Usaha Koperasi Patroli Lintas Indonesia, lanjut H. RM. Riesta, yaitu Koperasi Jasa dengan Usaha Utama Jasa Layanan Keamanan, Kecelakaan, Kesehatan serta pengurusan surat-surat kendaraan, dan Usaha Pendukung adalah penyediaan kebutuhan sehari-hari/Sembako (kemitraan dengan UKM), penyediaan sparepart (kemitraan dengan toko) dan usaha tambahannya adalah jasa penyediaan tenaga pengemudi dan jasa sewa unit armada.

Berdasarkan UU yang mengatur koperasi pada pasal 3, koperasi memiliki tujuan untuk mensejahterakan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Menurut Om Rista berdasarkan aturan Undang Undang dapat disimpulkan bahwa yang menjadi prioritas untuk disejahterakan adalah anggota koperasi terlebih dahulu, kemudian koperasi diharapkan bisa memberikan kontribusi jika memungkinkan untuk masyarakat sekitar.

“Karena pada dasarnya, anggota koperasi adalah anggota masyarakat, maka dengan jalan ini diharapkan koperasi Patroli Lintas Indonesia/KPLI dapat berperan aktif dalam menaikkan taraf hidup masyarakat,” pungkasnya.***Red