Bupati Kang DS Kunjungi Padepokan Giri Harja 3 Bahas Program Mulok Seni dan Budaya Sunda

Bupati Bandung terpilih HM Dadang Supriatna mengunjungi Padepokan Giri Harja 3, di Kampung Giri Harja, Kel Jelekong, Kec Baleendah, Kab Bandung, Rabu (21/4/21) petang.
Bupati Bandung terpilih HM Dadang Supriatna mengunjungi Padepokan Giri Harja 3, di Kampung Giri Harja, Kel Jelekong, Kec Baleendah, Kab Bandung, Rabu (21/4/21) petang.

Dejurnal.com, Bandung- Jelang beberapa hari pelantikan dirinya, 26 April 2021 Bupati Bandung terpilih HM. Dadang Supriatna ( Kang DS) mengunjungi Padepokan Giri Harja 3, di Kampung Giri Harja, Kelurahan Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Rabu (21/4/2021) petang.

Kedatangan Kang DS merupakan pertama kalinya dalam rangka buka puasa bersama dan bersilaturahmi pasca Pilkada Kabupaten Bandung 2020. Ki Dalang kondang Dadan Sunandar Sunarya menyambut hangat silaturahmi Bupati Bandung terpilih ini.

“Kunjungan ini dalam rangka menjalin silaturahmi, yang memang Padepokan Giri Harja ini adalah awal keberangkatan saya pada saat mencalonkan diri sebagai bupati,” kata Kamg DS usai pertemuan.

Dadang Suoriatna menjelaskan, di tempat itu kesepakatan dibangun antara dirinya dan Ki Dalang Dadan Sunandar, bilamana dirinya terpilih sebagai Bupati Bandung.

Baca :   Jelang Ramadan, Oknum Guru Ngaji Tega Cabuli Enam Muridnya

“Sehingga karena mau pelantikan tanggal 26 April, maka saya bersilaturahmi dan membahas tentang program-program yang akan kita lakukan nanti ke depan, yang berkaitan dengan muatan lokal yaitu pendidikan bahasa Sunda dan pengenalan seni budaya di Kabupaten Bandung,” imbuh Kang DS.

Kang DS berharap dengan silaturahmi ini bisa lebih mempererat tali silaturahmi antara drinya dengan para seniman di Kabupaten Bandung untuk selalu berkolaborasi demi kemajuan Kabupaten Bandung ke depan.

Ki Dalang Dadan Sunandar Sunarya berterima kasih atas kunjungan silaturahmi dari Bupati Bandung terpilih. Menurutnya pertemuan juga membahas dan mempertajam kembali program prioritas Pasangan Bedas di bidang seni budaya.

“Kami membahas pula program-program pembangunan di bidang seni budaya dan pariwisata ke depan, yang sesuai dengan visi misi Pak Bupati saat mencalonkan di Pilkada Kabupaten Bandung 2020 lalu,” jelas Dadan.

Baca :   Apresiasi Terhadap Seni Wayang Golek, Bupati Bandung Terpilih Siap Bangun Taman Giri Harja

Ia menerangkan program prioritas tersebut adalah memasukan untuk muatan lokal seperti pengenalan seni budaya di kalangan anak sekolah dan sejak usia dini budaya, seperti Bahasa Sunda, kesenian seperti wayang golek, termasuk pencak silat yang harus mulai dikenalkan kepada anak-anak usia dini.

“Muatan lokal ini penting dan harus dididik sejak dini atau dari sekarang untuk beregenerasi ke depannya, agar generasi penerus kita tetap peduli dan terus melestarikan seni budaya Sunda,” tandas Dadan.

Sebelumnya pada masa kampanye Pilkada Kabupaten Bandung 2020, pasangan Bersama Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan (Bedas) menggelar pertunjukan wayang golek virtual di Padepokan Giri Harja, Kelurahan Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.

Baca :   Bupati Bandung Minta Doa dari Anak-Anak Yatim dan Dhuafa Agar Amanah dan istiqomah

Pagelaran wayang golek ‘Bandung Bedas’ ini digelar secara live streaming melalui youtube channel PGH3 (Putra Giri Harja 3) dan GH3P (Giri Harja 3 Putra).

Menampilkan duet Ki Dalang Dadan Sunandar Sunarya dan Yogaswara Sunandar Sunarya. Sebanyak lebih 63 ribu penonton menyaksikan pertunjukan wayang golek ini secara virtual. *** Sopandi