Berlakukan Larangan Mudik Lebaran, Pemkab Karawang Bakal Sekat 18 Titik Jalur Tikus

Dejurnal.com, Karawang – Penyekatan arus mudik lebaran Idhul Fitri di Karawang akan dilakukan di 18 titik. Hal ini dilakukan menyusul dikeluarkannya larangan mudik dari pemerintah.

“Kurang lebih ada 18 titik penyekatan,” ujar Kepala Polisi Resort (Kapolres) Karawang AKBP Rama Samtama Putra di Gedung Singa Perbangsa Pemkab Karawang, Sabtu (10/4/2021).

Skema penyekatannya, kata Rama, akan dibahas dalam rapat koordinasi secara khusus. Termasuk penyekatan untuk mengantisipasi pemudik yang menggunakan jalur tikus.

“Akan kita bahas dalam rakor khusus. Penyekatan seperti tahun lalu,” ujar Rama.

Sementara Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menggungkapkan, Pemkab Karawang akan melaksanakan instruksi larangan mudik dengan melakukan beberapa upaya. Sebab, Karawang berada di jalur mudik, baik tol maupun arteri.

Baca :   3.200 Hektar Sawah Kekeringan, Bupati Dan Wabup Karawang Kunker ke Kementan

“Kita lakukan penyekatan-penyekatan,” ungkapnya.

Bupati pun meminta masyarakat untuk patuh terhadap larangan itu. Pihaknya, kata dia, juga akan mengantisipasi masuknya pemudik ke Karawang.

“Perantau Karawang yang ada di luar (Karawang) juga akan menjadi fokus kami,” ungkapnya.

Diketahui, larangan mudik Lebaran 2021 resmi diberlakukan. Aturan yang mengikat semua kalangan adalah surat edaran (SE) dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19, selain sejumlah aturan lain sesuai kewenangan dan kapasitas pembuat kebijakan yang menerbitkannya.

Aturan umum tentang larangan mudik itu adalah SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah.***RF