Apresiasi Terhadap Seni Wayang Golek, Bupati Bandung Terpilih Siap Bangun Taman Giri Harja

Bupati Bandung terpilih HM Dadang Supriatna bersilaturahmi dengan Ki Dalang Dadan Sunadar Sunarya, di Padepokan Giri Harja 3, Kel Jelekong, Kec Baleendah, Kab Bandung, Rabu (21/4/21) malam.
Bupati Bandung terpilih HM Dadang Supriatna bersilaturahmi dengan Ki Dalang Dadan Sunadar Sunarya, di Padepokan Giri Harja 3, Kel Jelekong, Kec Baleendah, Kab Bandung, Rabu (21/4/21) malam.

Dejurnal.com, Bandung – Bupati Bandung terpilih HM Dadang Supriatna (Kang DS) berencana membangun Taman Giri Harja, sebagai salah satu perwujudan visi misi Pasangan Bedas (Bersama Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan) dalam pembangunan seni budaya.

Visi misi dan rencana aksi Pasangan Bedas itu yakni melestarikan dan mengembangkan kebudayaan daerah, untuk mempertahankan jati diri dan nilai-nilai budaya daerah dengan mengangkat muatan kearifan lokal.

Rencananya, Taman Giri Harja akan dibangun di sekitar Kampung Giri Harja, Kelurahan Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, tidak jauh di sekitar Padepokan Wayang Golek Giri Harja 3.

Bupati Bandung terpilih menyatakan pembangunan Taman Giri Harja juga sebagai bentuk apresiasi terhadap seni wayang golek yang mengangkat nama Kabupaten Bandung hingga tingkat Jawa Barat, nasional maupun internasional.

Almarhum dalang kondang Asep Sunadar Sunarya sendiri berhasil memperkenalkan wayang golek sebagai kebudayaan asli Sunda ke seluruh dunia, hingga diakui oleh Unesco sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity pada tahun 2003.

Baca :   Upaya Lestarikan Seni dan Budaya Sunda, Kang DS Dukung Mulok Sekolah

“Jadi nanti kita akan buatkan feasibility study (FS) dan detail engineering design (DED)-nya tahun ini juga,” ungkap Dadang, saat bersilaturahmi ke Padepokan Giri Harja 3, di Kampung Giri Harja, Kelurahan Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Rabu (21/4/21) malam.

Mengenai lokasi tamannya nanti, imbuh Kang DS, akan diserahkan ke Ki Dalang Dadang Sunandar Sunarya dan Dinas Pariwisata Kebudayaan Kabupaten Bandung. Sebenarnya rencana pembangunan Taman GIri Harja ini sudah disosialisasikan Dadang Supriatna sejak masih masa kampanye Pilkada Kabupaten Bandung 2020 maupun pasca kemenangan, khususnya di Kecamatan Baleendah.

“Jangan sampai Taman Giri Harja ini malah didirikan di daerah lain. Insya Alloh, Taman Giri Harja ini nantinya menjadi suatu hal yang monumental di Kabupaten Bandung dan tahun ini juga kita akan programkan pembangunannya,” tandas Kang DS, sapaan Dadang Supriatna.

Baca :   Atasi Banjir, Bupati Bandung Terpilih Tinjau Sungai Cikeruh Bersama PUTR dan BBWS

Bagi Kabupaten Bandung, imbuh Kang DS, wayang golek merupakan aset yang sangat luar biasa dan harus dipertahankan serta ditingkatkan untuk bisa lebih dikenal bahkan hingga taraf internasional. Untuk mengapresiasi seni wayang golek yang membesarkan Kabupaten Bandung, maka dibuatlah taman berbasis kebudayaan Sunda ini.

Sebagai seorang seniman putra daerah Kabupaten Bandung dari Padepokan Wayang Golek Giri Harja, Ki Dalang kondang Dadan Sunandar Sunarya, menyatakan sangat senang dan bangga akan rencana pembangunan Taman Giri Harja.

“Rencana Pak Bupati untuk membikin Taman Giri Harja ini merupakan hal yang sangat luar biasa. Karena mau tidak mau kita harus akui seni wayang golek ini besar di Kabupaten Bandung,” ucap Dadan.

Baca :   Ini Kesan Dena Wahyu Kelana Main di Preman Pensiun 5

Pendirian Taman Giri Harja menurutnya merupakan bentuk apresiasi dan mengakui keberadaan wayang golek sebagai aset Kabupaten Bandung. Lebih dari itu juga sebagai bentuk pelestarian wayang golek sendiri.

“Karena secara obyektif harus diakui, besarnya pewayangan yang itu oleh Padepokan Giriharja. Yang membesarkannya ya, jadi bukan berarti dari daerah lain yang lain tidak ikut berperan,” tukas Dadan.

Nantinya, imbuh Dadang, di Taman Giri Harja akan ada ada showroom atau galeri, workshop tempat belajar membuat wayang golek dan tempat pelatihan atau les privat menjadi dalang, juga tempat pagelaran wayang golek. ***di