Jumat, 19 April 2024
BerandadeNewsTerkait Ribuan Ikan Mati Diwaduk Jatiluhur Satpolair Polres Purwakarta Berikan Imbauan Antisipasi Pencemaran...

Terkait Ribuan Ikan Mati Diwaduk Jatiluhur Satpolair Polres Purwakarta Berikan Imbauan Antisipasi Pencemaran Lingkungan

Dejurnal.com,Purwakarta – Ribuan ikan yang mati di Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta,  dalam beberapa waktu ini mulai mengkhawatirkan masyarakat sekitar waduk. Selain karena bau busuk yang ditimbulkan, juga pencemaran air bisa meluas.

Mencegah hal itu, Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Purwakarta memberikan imbauan kepada masyarakat terkait antisipasi Pencemaran Lingkungan di perairan Danau Jatiluhur.

“Kepada petani keramba jaring apung (KJA) kami berikan Imbauan untuk mengantisipasi pencemaran Lingkungan dampak akibat kematian Ikan di perairan Danau Jatiluhur,” ungkap Kapolres Purwakarta AKBP Ali Wardana melalui Kasatpolair AKP Jajang Sukandar, pada Selasa (2/2/2021).

Jajang meminta, agar petani KJA agar tidak membuang sampah ikan yang mati sembarangan karena hal tersebut berdampak pencemaran Lingkungan hidup.

“Jadi ikan-ikan yang mati jangan dibuang ke danau Jatiluhur, karena dikhawatirkan bisa mencemari air danau,” ucap Jajang.

Jajang menjelaskan ribuan ikan bisa mati secara mendadak diduga karena cuaca buruk karena kekurangan oksigen.

“Adanya curah hujan tinggi atau terus-menerus di sebuah area perikanan, maka kandungan oksigen dalam air bisa menurun secara drastis dan mempengaruhi kondisi ikan,” jelasnya.

Selain itu, Jajang mengimbau agar masyarakat jaga keselamatan dan keamanan diperairan Danau Jatiluhur selalu gunakan alat Keselamatan berupa pelampung dan Ring Bouy.

“Mereka kami imbau agar selalu memperhatikan kondisi alam saat berlayar, melakukan pengecekan terhadap kelayakan kapal-kapalnya dan kelengkapan keselamatan. Bila cuaca sedang buruk, jangan memaksakan untuk berlayar demi kenyamanan dan keselamatan diri,” pesan Jajang.***budi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI