Karang Taruna Galuh Pakuwon Adakan Pengobatan dan Sunatan Massal Gratis

Dejurnal.com, Sukabumi – Dibawah kepemimpinan Wildan Solihin yang biasa disapa Raden, Karang Taruna Galuh Pakuwon Desa Cibodas patut diacungi jempol dan perlu di contoh oleh Karang Taruna lain. Pasalnya, Karang Taruna Galuh Pakuwon tak henti-hentinya melakukan kegiatan bakti sosial membantu masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan dari santunan anak yatim, membantu pembangunan mesjid, memberikan insentif kepada guru ngaji dan hari ini Minggu (28/2/2021) mengadakan Baksos Pengobatan serta Sunatan massal secara GRATIS.

Pengobatan GRATIS dan sunatan massal yang digelar Karang Taruna Galuh Pakuwon bekerja sama dengan BAZNAS Pusat Jakarta yang dibantu Paguyuban Unit Ambulan Sukabumi (PUAS), di GOR Desa Cibodas Kecamatan Bojonggenteng.

Program tersebut dilaksanakan dalam rangka membantu masyarakat Yang Karang mampu untuk mengurangi beban mereka sesuai tema kegiatan ini “Kesehatan untuk menyehatkan bukan untuk membebankan”.

Pantauan dejurnal.com, terlihat puluhan ibu – ibu dan warga antusias berbondong – bondong mengikuti pengobatan gratis tersebut. Terdata sekitar 76 orang yang daftar untuk memeriksa kesehatan. Salah satunya ibu Dewi warga desa cibodas yang menyambut dengan senang agenda tersebut.

“Saya ucapkan terimakasih sudah bikin pengobatan gratis di wilayah kami. Semoga ini dapat membantu warga yang belum mampu untuk berobat ke rumah sakit.” Ujar Ibu Dewi.

Salah satu peserta khitanan massal.

Raden Solihin alias Raden Ketua Karang Taruna Galuh Pakuwon mengungkapkan bahwa diadakannya pengobatan gratis tersebut merupakan program dalam bidang kesehatan bagi yang kurang mampu dalam mengatasi permasalahan kesehatan yang terdapat di wilayah Desa Cibodas khususnya.

“Terdapat beberapa agenda sesuai bidang yang sudah kita rancang. Dalam bidang kesehatan, pengobatan gratis merupakan programnya. Karena kita melihat banyak orang tua yang belum mampu untuk cek penyakitnya ke dokter serta banyak nya warga masyarakat Yang memiliki anak serta belum mampu untuk menyunat anak nya tersebut, mudah – mudahan dengan adanya Kegiatan ini warga masyarakat merasa terbantu dan mengurangi beban mereka, ini murni Kegiatan lembaga serta rekan – rekan Karang Taruna.” Ungkap Raden ketika ditemui dalam agenda tersebut.

Raden menjelaskan, sekitar 3 jenis penyakit prioritas yang dicek dalam pengobatan gratis tersebut. Yaitu, cek gula darah, cek kolestrol, dan cek asam urat. 

Selain daripada itu, di tempat dan waktu yang sama, Karang Taruna dan Paguyuban Unit Ambulan Sukabumi (PUAS) juga bekerja sama dengan BAZNAS Pusat untuk menyelenggarakan sunatan massal anak-anak yang ada di desa Cibodas dan banyak pula yang daftar dari luar wilayah Cibodas yang mana dalam kegiatan ini terdapat 47 anak yang ikut di sunat termasuk dari Kecamatan parakansalak, parungkuda dan cibadak.

Dr. Yose Rizal selaku Dokter Dari BAZNAS pusat mengatakan, kegiatan ini tentu dapat membantu warga yang belum mampu membiayai anaknya untuk di sunat.

“Harapan kami agar temen-temen Karang Taruna dan Paguyuban PUAS (Paguyuban Unit Ambulan Sukabumi), agar kegiatan positif ini bisa berkelanjutan dan semakin banyak.” Ujarnya ketika diwawancara dalam acara tersebut

Ketua penyelenggara dari Paguyuban PUAS (Paguyuban Unit Ambulan Sukabumi), Dudin Wahyudin sangat mengapresiasi seluruh anggota Karang Taruna yang mempunyai inisiatif dalam membantu masyarakat. Selain itu juga dirinya berterimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat, seperti Pemerintah stempat dan BAZNAS Pusat yang bersinergi dalam acara tersebut.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang rela bergabung menyukseskan program kami. Karang Taruna merupakan satu kesatuan dengan masyarakat. Hal tersebut yang mendasari kami merasa perlu untuk terjun langsung kepada masyarakat, karena ini adalah Kegiatan PUAS yang bekerjasama dengan BAZNAS Pusat yang diprogramkan 3 bulan sekali dan sampai saat ini sudah hampir 3000 warga masyarakat yang sudah kami cek semenjak akhir tahun 2019.” Ungkapnya pada agenda yang sama.

Tidak lupa pada acara ini diterapkannya protokol kesehatan mengingat masih dalam kondisi Covid-19 sesuai anjuran pemerintah dalam mengurangi penularan Virus Corona, dari mulai Cuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak.

Besar harapan mudah-mudahan kegiatan ini bisa terlaksana 1 tahun sekali digelar di Desa Cibodas dengan tujuan membantu masyarakat yang kurang mampu untuk berobat ke rumahnya sakit karena dengan kegiatan ini banyak warga masyarakat yang terbantu dan mengurangi beban mereka.***Aulia