Sejumlah Warga dari Tiga Desa Penyangga Tersentuh Program Comdev Geo Dipa

Dejurnal.com, Bandung – Sejumlah 2.200 paket beras dibagikan kepada masyarakat terpilih di tiga desa penyangga: Desa Sugihmukti Kecamatan Pasirjambu, Desa Panundaan Kecamatan Ciwidey, dan Desa Alamendah Kecamatan Rancabali.

Paket beras tersebut, menurut HC, GA & Finance Manager PT Geo Dipa Energi Patuha, Rita Purwita Ilhamisari, bagian beras tersebut merupakan implementasi program community development (Comdev) perusahaannya dalam penanganan pandemi covid-19.

“Jadi kami membagikan beras masing-masing 10 kg untuk masyarakat yang terpilih dari tiga desa, ini bentuk comdev dari perusahaan kami yaitu ketahanan pangan,” ujar Rita usai pembagian beras di Kantor Desa Panundaan, Ciwidey, Selasa (12/1/2021).

Rita memaparkan, saat ini merupakan tahap kedua pembagian bantuan ketahanan pangan, tahap pertama telah dilaksanakan pada bulan Mei 2020.

“Bedanya pada tahap pertama kita membagikan dengan sembako, sementara di tahap dua hanya beras saja. Totalnya 2.200 paket beras di tiga desa,” tambahnya.

Rita mengatakan, pada awalnya sasaran bantuan tersebut adalah untuk warga yang tidak mampu, namun akhirnya pihaknya menyerahkan kepada pihak desa untuk menentukan. Pasalnya, lanjut Rita, menurut informasi yang diterimanya, bantuan sosial sudah banyak diberikan kepada masyarakat baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, namun masih ada warga yang belum tersentuh oleh bantuan-bantuan tersebut sehingga program ketahanan pangan ini diberikan kepada warga-warga yang belum tersentuh tersebut.

Program comdev dari PT Geo Dipa Energi Unit Patuha l sendiri menurut Rita memang diprioritaskan untuk masyarakat yang berada di wilayah ring satu perusahaannya. Hal tersebut sebagai bentuk harmoninisasi yang terbangun antara perusahaan dengan masyarakat sekitar.

“Selain program ketahanan pangan, comdev kita di Tahun 2020 memang 85 persennya dilimpahkan untuk penanganan covid-19, diantaranya untuk pembagian APD seperti masker, hand sanitizer, dan face shield, itu untuk bantuan langsungnya. Kalau untuk hal lainya yang tidak berbentuk langsung, kami membuat program padat karya di beberapa desa, warga-warga yang terdampak langsung pencahariannya mungkin hilang karena terdampak covid-19, kami bantu melalui program padat karya,” jelas Rita.

Ia berpesan agar masyarakat terus mematuhi protokol kesehatan guna menjaga kesehatan pribadi dan mencegah penularan covid-19, karena saat ini penularannya justru semakin tinggi.

“Kita tidak tahu kapan pandemi ini berakhirnya, yang jelas dengan kedisiplinan mungkin akan bisa memutus mata rantainya,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Ciwidey H. Karyadi Raharjo didampingi Pjs. Kades Panundaan Irawan Darmawan menyambut baik program ketahanan pangan dari PT Geo Dipa Energi Unit Patuha l. Menurutnya, program comdev yang selama ini dilaksanakan oleh perusahan pembangkit listrik tersebut begitu dirasakan oleh masyarakat, terutama di saat masa pandemi covid-19 ini.

“Ini merupakan lanjutan program comdev perusahaan tersebut, saya sangat mengapresiasi dan memberi penghargaan yang setinggi-tingginya bahwa di masa sulit saat pandemi ini, dimana masyarakat masih menjerit kesusahan, masih ada perusahaan yang berkomitmen untuk memberikan bantuan seperti ini, tentu ini sangat berharga bagi mereka,” katanya.

Ia menilai selama ini PT Geo Dipa Energi Unit Patuha l memang konsisten dalam melaksanakan program comdev-nya. Ia pun berharap keberadaan perusahaan tersebut bisa terus bersinergi baik dengan pemerintah maupun masyarakat.

Kepala Desa Sugihmukti, H. Ruswan Bukhori mengatakan masyarakat di desanya selama ini merasa sangat terbantu dengan berbagai program yang telah dilaksanakan.

“Hari ini ada sekitar 1.100 warga yang terbantu dengan bantuan beras yang dibagikan oleh PT Geo Dipa Energi, alhamdulillah sangat berarti di masa pandemi ini,” katanya.

Terkait program comdev sendiri, ia mengaku selama ini, secara tidak langsung ia sudah mengelola bantuan dari PT Geo Dipa Energi Unit Patuha l termasuk program padat karya tunai yang pembiayaannya diberikan oleh perusahaan tersebut.

“Itu kan melibatkan ratusan masyarakat disini, jadi memang kami selaku pemerintah Desa Sugihmukti sangat berterimakasih dan masyarakat juga sudah merasakan manfaatnya,” tutupnya.

Sejalan dengan H. Ruswan, Kades Alamendah, H. Awan Rukmawan mengaku sangat berterimakasih atas program comdev khususnya ketahanan pangan yang telah diberikan oleh PT Geo Dipa Energi. Menurutnya ini merupakan bentuk apresiasi dan perhatian dari perusahaan terhadap masyarakat di daerah penyangga.

“Kali ini kita mendapat 770 paket beras yang nanti akan dibagikan kepada masyarakat di 30 RW yang ada di Desa Alamendah yang selama ini belum mendapat bantuan sosial apapun,” kata Awan.

Ia menyebut, setiap tahun masyarakatnya sudah mendapat perhatian dari perusahaan tersebut, namun ia memiliki harapan besar bahwa PT Geo Dipa Energi Unit Patuha bisa memberikan bantuan berupa pembinaan dan permodalan terhadap para pelaku usaha di wilayahnya.

“Bantuan ini sudah bagus, namun alangkah lebih baik kalau bantuannya berupa pembinaan dan permodalan bagi para UMKM, kalau misal bantuan beras kan itu bisa habis, tapi kalau bantuannya berupa pembinaan dan permodalan kan bisa dipakai untuk bertahan hidup lebih lama,” pungkasnyanya.*** Sopandi