Wirausaha Muda Ponorogo Didorong Maju Oleh Sekjen Kemenaker RI

DeJurnal.com, Ponorogo – Banyak cara dilakukan untuk mendorong perekonomian lokal bisa bangkit kembali pasca pandemi. Sekjen Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI memberikan bantuan Modal Usaha yang diserahkan secara simbolis di BLK Komunitas, Ngabar, Siman, Ponorogo pada Jumat, (19/11/2020). Nampak hadir dalam acara tersebut, Sekjen Kemenaker Anwar Sanusi, Pimpinan Ponpes Walisongo Ngabar, serta diikuti Alumni BKK/ BLK/ LPK.

Pada acara itu, Sekjen Kemenaker RI, Anwar Sanusi mengungkapkan kedatangannya di lokasi BLK tersebut untuk memberi dukungan terhadap para pelaku Wirausaha yang ada di Ponorogo. “Kehadiran kami ingin mengajak bersama, keluar dari persoalan yang saat ini kita hadapi bersama yaitu dengan adanya covid-19 yang belum tahu kapan akan berakhir. Namun demikian, perekonomian kita harus bangkit dan terus berjalan,” ungkapnya.

Pihaknya mengatakan adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan lonjakan angka pengangguran cukup tinggi sehingga hal itu menjadi tantangan bagi Kemenaker untuk bisa mendorong semua pihak agar roda perekonomian semuanya bisa bangkit lagi. “Sebelun covid jumlah pengangguran mencapai 7,07 juta, sekarang 9,77 juta berdasarkan Data yang dikeluarkan BPS minggu lalu,” sebutnya.

Sanusi pun menambahkan bahwa Kemenaker bertugas merespon persoalan itu dengan menyiapkan sejumlah terobosan untuk percepatan ekonomi bisa pulih kembali. “Kami mencoba, seiring dengan “Adaptasi Baru” pasca pandemi kita lakukan berbagai upaya diantaranya melalui Trimatra yaitu Pertama memberi dukungan terhadap wirausaha, Kedua Program Padat karya, kegiatan yang melibatkan banyak pekerja dan yang Ketiga adalah penguatan BLK,” rincinya.

Dengan langkah itu, diharapkan, angka pengangguran bisa ditekan, minimal bertahan jangan bertambah syukur bisa menjadi turun. “Bermacam upaya itu saat ini mulai berjalan kita lakukan. Mudah-mudahan angka (pengangguran) tersebut bisa turun. Seperti yang kita lakukan hari ini dengan memberikan bantuan sediki modal itu kita harapkan bisa berkembang,” tukasnya.

Tidak lupa Sekjen Kemenaker RI, Anwar Sanusi menyerahkan bantuan modal usaha senilai Rp. 2.000.000 kepada Wirausaha Muda Ponorogo.***(Muh Nurcholis)