PT STM Gandeng Petani Cianjur Kembangkan Bibit Ubi Jepang

dejurnal.com, Cianjur – Rencana pengembangan bibit Ubi Jepang di prakarsai oleh PT. Satria Tani Muda bekerja sama dengan LSM GEMPUR DPW Cipanas, Pacet, Sukaresmi yang diketui Lilik Suharto. Tujuan dari pengembangan Ubi Jepang tersebut, selain permintaan pangsa pasar nasional-internasional yang semakin meningkat, juga membantu perekonomian petani lokal.

Rustam tokoh pemuda Tani Desa Wangunjaya Kecamatan Cugenang menegaskan bahwa di desanya banyak lahan pertanian yang terlantar, dan untuk memanfa’atkan lahan pertanian yang terlantar, pihaknya penyambut baik proyek Pertanian Bibit Ubi jepang ini.

“Teknisnya nanti kita bahas lagi, yang terpenting gimana caranya progres kedepannya proyek ini bersinergis dengan petani lokal,” tandas Rustam, Sabtu (7/11/2020).

PT. Satria Tani Muda melalui perwakilanya Gunawan menyatakan bahwa Proyek Pertanian Pengembangan Bibit Ubi Jepang ini, tentu akan banyak melibatkan banyak orang, dalam hal ini membantu petani lokal agar mapan, mandiri tidak tergantung pada oknum tengkulak yang memonopoli ekonomi pertanian.

“Nanti akan kami bantu melalui pasokan bibit dan pupuk kami sediakan, termasuk teknis penanaman agar hasil panen sesuai harapan, selain itu petani takan kebingungan kemana hasil panennya harus dijual ” pungkas Gunawan.

Hal senada diungkapkan Lili K tokoh masyarakat setempat sekaligus Ketua PAC GEMPUR Kecamatan Cipanas. “Saya secara kelembagaan maupun pribadi mendukung Proyek pertanian ini, proyek ini sejalan dengan program pemerintah pusat dalam menangani permasalahan pengangguran, dengan demikian pemuda di wilayah kami bisa dilibatkan di dalamnya, terutama yang masih menganggur,” ungkapnya kepada dejurnal.com di lokasi pertanian ubi Jepang.

Tokoh tani dari Pertanian Peternakan Perikanan Modern (P3M) Alan Suherlan akan menyiapkan jajarannya, para petani yang tergabung di lembaga yang dia urus, agar bergabung di Proyek Pertanian Bibit Ubi Jepang ini, proyek seperti ini kedepanya sangat menjanjikan.

Proyek Pertanian Bibit Ubi Jepang di gagas oleh PT. Satria Tani Muda Perusahaan swasta yang bergerak dibidang Ekonomi pertanian, yang menggandeng petani – petani lokal sebagai mitra. ****hers