KPU Karawang Akan Lakukan Penentuan Titik Koordinat Untuk TPS

Dejurnal.com, Karawang – Ajang pemilihan kepala daerah serentak yang akan dilaksanakan oleh beberapa kabupaten di provinsi Jawa barat akan segera digelar pada 9 Desember 2020, mengingat waktu yang cukup dekat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang saat ini tengah fokus dalam pelaksanaan tahapan pemilihan, Termasuk pemetaan letak tempat pemungutan suara (TPS) di setiap daerah.

Hal ini dikatakan oleh Komisioner KPU Kabupaten Karawang, Ikmal Maulana bahwa KPU saat ini telah menyebar tim untuk melakukan pemetaan sementara letak TPS yang akan dijadikan tempat pemungutan suara saat pemilihan nanti.

“KPPS yang akan menentukan titik titik lokasi TPS karena mereka yang lebih tahu wilayah,tapi karena KPPS belum ditetapkan maka kami yang menentukan titik lokasinya dulu, jadi kita juga tahu wilayah” ungkapnya Ikmal Maulana, (selasa,03/11/20)

Menurut Ikmal, untuk saat ini KPPS masih dalam tahapan administrasi, pada tanggal 12 November akan dilakukan penetapan.

Terkait masalah TPS di Kabupaten Karawang khususnya, tidak ada TPS yang menurutnya rawan.

“Bukan rawan ya,tapi mungkin TPS terpencil, jauh dari perkotaan, misalnya wilayah Ciampel, pemilihnya tidak banyak tapi jauh dari perkotaan, serta tidak bisa digabung, karena jauh dengan wilayah lain,” ujarnya.

Ikmal juga menjelaskannya adapun untuk penentuan titik koordinat TPS akan disesuaikan dengan letak daerah atau desa tersebut, apalagi saat ini tengah memasuki musim penghujan, banyak yang harus diperhatikan mulai akses ke TPS yang diharuskan tak jauh dari pemukiman.

“Untuk sementara bulan Desember akan memasuki musim penghujan,jadi kita menganjurkan ke tiap Kecamatan mencari TPS yang tidak jauh dari permukiman kalau hujan bisa geser ” katanya.

Masih kata Ikmal dalam Pilkada tahun 2020 ini, jumlah TPS yang tersebar di Kabupaten Karawang jauh lebih banyak dibandingkan Pemilihan Umum tahun sebelumnya, karena adanya batasan peserta dalam setiap TPS.Tak hanya itu, TPS juga dipastikan dapat mengcover sinyal internet , sebab dalam laporan hasil pemilihan nanti, akan dilaporkan secara langsung dengan mengunakan aplikasi, sehingga sinyal internet menjadi faktor penting, namun jika melihat wilayah Karawang ia memastikan sinyal internet dapat tercover dengan baik.

“Yang penting kami terus melakukan sosialisasi agar masyarakat dapat mensukseskan Pilkada Karawang 2020, Hanya saja, secara teknisnya kami masih menunggu update kembali dari KPU RI terkait pelaksanaan pemungutan suara yang akan dilakukan pada 9 Desember 2020 mendatang” pungkasnya.***GD/RF