Ketua GLN Gareulis : Masyarakat Kabupaten Bandung Harus Cerdas Literan

GLN Gareulis Kabupaten Bandug di Gedung Disarpus Kabupaten Bandung.
GLN Gareulis Kabupaten Bandug di Gedung Disarpus Kabupaten Bandung.

Dejurnal.com, Bandung – Ketua Umum Gerakan Literasi Nasional (GLN) Gareulis Kabupaten Bandung dan sebanyak 30 koordinator pelopor kecamatan GLN Gareulis se- Kabupaten Bandung memenuhi undangan Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Bandung, Selasa (3/11/2020).

Ketua Umum GLN Gareulis Kabupaten Bandung Hj. Euis Hasanah, S.Pd.M.M.Pd
mengatakan, pertemuan tersebut sebagai pembinaan Disarpus dalam peningkatan pelayanan perpustakaan melalui pengumpulan data pemustaka.

Salah satu hal yang disampaikan Disarpus dalam acara tersebut, yaitu
perpustakaan di sekolah dasar dikabupaten Bandung belum terdata dengan baik, oleh karenanya dipersilahkan mendata pustakawan, jumlah kunjungan dan setiap sekolah dasar mengisi melalui link http://bit.ly/IDPKABBDG .
(Bisa diakses di setiap sekolah).

GLN Gareulis Kabupaten Bandung itu sendiri, menurut Hj. Euis, ingin mewujudkan masyarakat Kabupaten Bandung yang cerdas literan. “Jadi kami akan menghimbau gerakan literasi baik itu gerakan literasi sekolah, gerakan literasi keluarga, dan gerakan literasi masyarakat untuk cinta literasi,” tutur Hj. Euis.

Saat ini GLN Kabupaten Bandung , terang Hj. Euis mendapat predikat tertinggi di GLN Provinsi Jawa Barat. “Alhamdulillah, pada saat diklat kita sebagai peserta terbanuak dan teraktif,” katanya.

Kegiatan GLN Gareulis Kabupaten Bandung itu sendiri, kata Hj. Euis yakni : membaca buku, mereviu buku, cukup 10 buku dalam setahun dan mengikuti diklat sebanyak 9 kali, membuat karya tulis cerpen, carpon, puisi, pantun, haiku, dll. ” Sehingga hasil dari pembinaan di GLN Gareulis Kabupaten Bandung ini lahirlah berbagai karya siswa, guru, kepala sekolah, dan masyarakat berupa buku atau karya lainnya. Karena diharapkan ada karya lain berupa video-video tayangan dari pembelajaran atau produk seperti pohon geulis. Kalau di Pemda itu ada Pohon Geulis, maka di GLN Gareulis itu ada Pohon Duta Baca yang isinya dari berbapa rujukan yang dibaca,” terangnya.

Dalam kesempatan itu pun, Hj. Euis menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Disarpus yang telah menyediakan cukup buku untuk melayani kebutuhan GLN Gareulis dengan gedung perpustakaan yang representatif.***Sopandi