Ini Permintaan Putra Bupati Bandung ke-6 Kepada Cabup Bandung Nomor Urut 1

HR. Otong Toyibin dan Hj. Kurnia Agustina.

Dejurnal.com, Bandung –
Salah satu putra Rd. Wiranataksumah (Bupati Bandung ke-6) H. R. Otong Toyibin menyebutkan bahwa Majalaya merupakan salah satu kecamatan sentra idustri di Kabupaten Bandung, wajar jika lingkungannya rusak.

Hal ini diutarakan Otong saat menerima kedatangan calon Bupati Bandung Hj. Kurnia Agustina (Teh Nia) di kediamannya, Selasa (17/11/ 2020).

“Majalaya parah lingkungan hidupnya, rusak oleh pabrik-pabrik. Ini tugas ibu Nia nanti kalau jadi bupati. Tolong dijaga,” kata Otong mengulang ucapan yang disampaikannya kepada Calon Bupati Bandung nomor urut 1 itu.

Otong meminta kepada Hj. Kurnia agar persoalan lingkungan hidup hampir di semua daerah, khususnya di Kecamatan Majalaya bisa dipulihkan.

“Jangan sampai nanti anak cucu kita diwarisi kerusakan lingkungan. Kalau air yang diambil dari bawah tanah dihabiskan, dibuang sebagai limbah, diminum sama anak cucu kita, nanti anak cucu kita yang menderita,” ujarnya.

Meski demikian, Otong menilai persoalan lingkungan menjadi tanggung jawab semua pihak bukan hanya pemerintah.

Tokoh masyarakat ini menilai, Teh Nia sebagai orang yang baik. Ia berharap kalau Teh Nia jadi bupati harus lebih bagus lagi. “Harus amanah. Wujudkan Kabupaten Bandung yang Kerta Rahayu,” katanya.

Sementara itu Teh Nia mengaku banyak belajar dari Otong Toyibin. Keduanya banyak berbincang seputar kebudayaan dan yang lainnya.

“Beliau (Otong Toyibin) salah satu tokoh penting dalam histori Kabupaten Bandung,” kata Teh Nia.

Apalagi urusan lingkungan hidup, kata mantan Ketua Forum Kabupaten Bandung Sehat itu, jadi persoalan yang serius untuk ditangani khususnya masalah sampah.

“Setelah tadi saya banyak berbincang dengan beliau, saya banyak belajar. Masalah lingkungan hidup terutama sampah jadi sorotan pasangan NU Pasti Sabilulungan ke depannya untuk dibenahi,” pungkasnya.***Sopandi