HMI Komisariat IPI Cabang Garut Laksanakan Basic Training Latihan Kader I

Dejurnal.com, Garut – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kom IPI melaksanakan Basic Training Latihan Kader 1 yang merupakan training formal yang menjadi fondasi awal dalam membentuk kepribadian kader secara sistematis dan berjenjang.

Menurut Pj Ketua Umum HMI Kom IPI, Taofik Rofi N menjelaskan bahwa pada dasarnya training formal ini wajib diikuti oleh seluruh kader sesuai levelnya.

“Fokus utama dari latihan kader I ini adalah penanaman nilai-nilai (ideologilisasi organisasi) kepada kader agar dapat terjadi perubahan pola pikir, sikap, dan perilaku sesuai dengan kepribadian kader yang diharapkan,” ujarnya.

Adapun tujuan dari Latihan Kader I, menurut Taofik, agar terbinanya Kepribadian Muslim yang Berkualitas Akademis, Sadar akan Fungsi dan Peranannya dalam berorganisasi serta Hak dan Kewajibannya sebagai Kader Umat dan Kader Bangsa”.

“Dan targetan dari Latihan Kader I ini adalah menjadikan kader HMI yang memiliki kesadaran menjalankan ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari, Mampu meningkatkan kemampuan akademis, Memiliki kesadaran akan tanggung jawab keumatan dan kebangsaan, Memiliki kesadaran berorganisasi.

Penyelenggarakan Basic Training Latihan Kader I oleh HMI Komisariat IPI Cabang Garut dilaksanakan pada Kamis (26/11/2020) dimana peserta yang berpartisipasi dalam latihan tersebut itu diikuti oleh seluruh Kampus yang ada di Kabupaten Garut,

“Peserta yang mengikutinya berjumlah 43 orang dan ini merupakan sejarah pertama Latihan Kader I HMI IPI terbanyak,” ucap Taofik Rofi N selaku PJ Ketua Umum HMI Kom IPI.

Ia pun berharap, semoga dalam Latihan Kader I ini berjalan sesuai dengan Tujuan dan targetan yang telah dicantumkan dalam Pedoman Perkaderan HMI.

“Terima kasih kepada seluruh Panitia, Pengurus, dan kader HMI se-wilayah Cabang Garut yang telah mensukseskan proses kaderisasi Basic Training Latihan Kader I HMI Komisariat IPI Cabang Garut,” pungkasnya.***Yohannes