Bumdes Sukamerang Gandeng Investor Untuk Wujudkan Pembangunan Pasar Terpadu

Dejurnal.com, Garut – Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sawargi Desa Sukamerang Kecamatan Kersamanah merencanakan pembangunan pasar terpadu Desa Kersamanah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) serta menghidupkan ekonomi masyarakat.

Menurut Sekretaris Bumdes Sawargi, Haris, rencana pembangunan pasar terpadu Desa Sukamerang ini sudah disusun setahun lalu.

“Beberapa tahapan perencanaan pembangunan pun sudah kami lakukan selama setahun ini,” ujarnya kepada dejurnal.com, saat ditemui di Kantor Bumdes, Selasa (24/11/2020).

Tahapan yang dimaksud, lanjut Haris, selain mendesain rencana pembangunan pasar juga mencari perusahaan yang mau investasi untuk mewujudkan keinginan masyarakat Desa Sukamerang dengan konsep Build On Transfer (BOT).

“Bumdes Sukamerang hanya memiliki modal keinginan yang kuat dan konsep, untuk itu perlu pihak ketiga yang memiliki modal untuk mampu mewujudkan mimpi ini,” ujarnya.

Haris mengakui, secara keuangaan Bumdes Sukamerang tak mungkin mewujudkan pembangunan pasar ini tanpa melibatkan berbagai pihak termasuk investor.

“Jadi wajar jika kami menemui banyak kendala, selain hanya modal semangat ditambah pengalaman yang minim tentu banyak hal yang kemudian luput dari pengamatan,” ujarnya.

Namun demikian, Haris berterima kasih kepada berbagai pihak yang mengingatkan atas kekurangan yang ada dan tentunya hal itu menjadi suplemen bagi pihak Bumdes dan juga investor untuk lebih memperbaiki hal yang kurang.

“Dalam menguruskan perijinan pun karena kurangnya sumber daya dan sumber dana kita pun akhirnya meminta investor untuk menguruskannya, dan sekarang sedang dalam proses, jadi mohon mafhum jika sedikit tersendat,” ungkapnya.

Kendati demikian, Haris menjamin kerjasama yang dijalin antara Bumdes Sukamerang dengan pihak ketiga yang akan membangun pasar terpadu memiliki visi dan misi yang sama untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

“Beri kami waktu untuk berbuat sampai pada waktunya, pembangunan pasar terpadu ini diketahui publik dan insya allah akan menjadi ikon ekonomi Desa Sukamerang,” pungkasnya.***Zul/Raesha