Bawaslu Ponorogo Terima Laporan Dugaan Hasutan

DeJurnal.Com,Ponorogo – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ponorogo menerima laporan dari masyarakat terkait hasutan dan adu domba. “Jadi kemarin hari Senin kita mendapat laporan dari masyarakat terkait dengan dugaan pelanggaran terkait dengan menghasut atau mengadu domba laporan disampaikan di Bawaslu kemarin hari Senin tanggal 9 November 2020,” ujar Marji Nurcahyono selaku Kordiv Penindakan Pelanggaran, Selasa (10/11/2020).

Dia menambahkan berdasarkan laporan masyarakat tersebut, Bawaslu selama 2 hari ini melakukan kajian awal untuk mengkaji terkait dengan keterpenuhan syarat formil dan materiil nya dan unsur-unsur pasal. “Nanti setelah 2 hari itu ada tambahan waktu 1 hari untuk dilakukan perbaikan-perbaikan nya itu pelapor bisa memperbaiki laporannya 2 hari setelah menerima surat dari Bawaslu,” imbuhnya.

Lebih lanjut dia menambahkan bahwa kemudian Bawaslu menentukan nanti dapat di Register atau tidak-nya. “Kemudian kita lakukan pleno, kalau arahnya ke pidana nanti di situ ada sentra Gakkumdu untuk menentukan unsur-unsur dugaan pelanggaran pidananya,” tukasnya.

Pihak pelapor menyertakan bukti berupa CD berisi video 6 menit 57 detik, print out screnshoot halaman facebook sebanyak 9 lembar dan translate video yang diduga melanggar sebanyak 3 lembar. ***(Muh Nurcholis)