Ada Apa Dengan Cihuni, Hampir Seluruh Anggota BPD Dikabarkan Mundur

Dejurnal.com, Garut – Polemik di Desa Cihuni Kecamatan Pangatikan masih berlanjut dan bukan hanya sekedar belum disusunnya RKPDes, namun ada hal lain di balik itu. Pasalnya, hampir seluruh anggota termasuk Ketua BPD Cihuni dikabarkan sudah membuat pernyataan mengundurkan diri.

Ketua BPD Cihuni, Teten Sutendi saat dihubungi dejurnal.com tidak menampik adanya kabar mundurnya beberapa anggota BPD termasuk dirinya selaku Ketua BPD Cihuni.

“Ya, surat pernyataan pengunduran diri sudah kami buat tinggal diteruskan ke Bupati melalui DPMPD,” ujarnya melalui sambungan telepon seluler, Selasa (10/11/2020).

Teten menerangkan, rencananya seluruh anggota BPD Cihuni akan mengundurkan diri karena selama ini pemerintah desa tak bisa diajak sinergis. “Yang sudah fix dan membuat pernyataan mundur empat orang anggota BPD, dan hari ini bertambah satu menjadi lima orang,” ungkapnya.

Rencananya, lanjut Teten, hari senin (9/11/2020) kemarin surat pengunduran diri keempat anggota BPD Cihuni akan diserahkan ke Bupati Garut melalui DPMPD, namun karena ada satu hal belum bisa tersampaikan. “Namun secara lisan sudah tersampaikan, dan sudah disampaikan ke kecamatan,” ujarnya.

Teten pun menegaskan bahwa langkah mundur dari anggota BPD sudah hasil musyawarah dan kesepakatan karena proses mediasi dengan pemerintah desa yang beberapa kali diupayakan di kecamatan mengalami kebuntuan. “Mundur merupakan jalan terbaik daripada menjadi bumerang di kemudian hari,” pungkasnya.

Ketika ditanya alasan krusial kemunduran beberapa anggota BPD Cihuni, Teten belum memberikan jawaban secara rinci. “Sudah tak sinergis dengan pihak pemerintah desa,” pungkasnya.

Berkaitan dengan hal ini, Sekretaris Kecamatan Pangatikan Idad Badrudin saat dihubungi dejurnal.com enggan berkomentar banyak karena soal Desa Cihuni bukan kewenangannya.

“Saya hanya tikor kebijakan, ada atasan,” jawab melalui aplikasi perpesanan, Senin (9/11/2020).

Sementara Camat Pangatikan, Asep Harsono beberapa kali dikirim pesan singkat, hanya sebatas dibaca tanpa memberikan jawaban apapun.

Sampai berita ini ditayangkan, Kabid Pemerintahan Desa Fahmi belum bisa ditemui karena sedang tugas ke luar kota sehingga belum bisa memberikan tanggapan atas mundurnya hampir seluruh anggota BPD Desa Cihuni.***Raesha