Warga Desa Pangkalan Temukan Batu Menhir Dan Dolmin, Peninggalan Sejarah Megalitik?

Dejurnal.com, Kab.Sukabumi – Pepen warga Kp. Tenjojaya RT 04/04 Desa Pangkalan Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi, menemukan batu jenis Menhir dan batu jenis Dolmin yang konon kedua jenis batu tersebut merupakan peninggalan Sejarah Megalitik, karena Ciri-ciri batu tersebut sama dengan situs Batu Megalitik yang ada di Desa Cikakak Kecamatan Pelabuhan Ratu.

“Saat akan mengambil rumput untuk hewan ternak di kawasan perkebunan legok kobra atau juga di sebut sentra area kebon sawit PTPN VIII Tenjojaya Cikidang, secara tidak sengaja menemukan dua buah batu yang mirip peninggalan sejarah,”ucap Pepen kepada dejurnal.com, Jumat (9/10/2020).

Tim Bagedud Explore yang datang ke tempat lokasi penemuan batu jenis Dolmin dan batu jenis Menhir di area perkebunan sawit yang juga sebagai salah satu tim peneliti batu tersebut.

Tim Bagedud Explore berharap, dengan penemuan batu peninggalan sejarah megalitik ini bisa mendapatkan pengesahan dan perhatian dari pemerintah pusat dan  pemerintah daerah kabupaten Sukabumi melalui dinas terkait.

“Sehingga bisa diteliti lebih lanjut dan bisa di ekspektasi, serta kedepanya bisa menjadi tempat wisata sejarah baru di kabupaten Sukabumi,” Ucap salah satu Tim Bagedud Explore.***Rudini