Kategori
deNews

PWI dan IJTI Deklarasikan Pilkada Aman, Sehat dan Damai

dejurnal.com. Bandung –
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bandung dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Korda Bandung Raya, Sabtu (17/10/2020) siang mendeklarasikan diri mendukung terselenggaranya Pilkada Kabupaten Bandung yang aman, sehat dan damai.

Tekad kedua organisasi wartawan di Kabupaten Bandung tersebut diwujudkan dalam acara sosialisasi pelaksanaan peliputan, pemberitaan dan penyiaran oleh Pers pada Pilkada di masa Pandemi Covid-19 yang diinisiasi KPU Kabupaten Bandung.

Pada acara tersebut disampaikan 6 poin Deklarasi , yaitu menolak segala bentuk intervensi dan kekerasan terhadap Pers, Menolak berita Hoaks dan isu Sara, serta melaksanakan Kode Etik Jurnalistik dan Menjunjung tinggi Kebhinekaan dalam proses peliputan, pemberitaan dan penyiaran Pilkada 2020.

Selain itu kedua organisasi wartawan itu juga berkomitmen mendukung suksesnya Pilkada yang aman, damai, sehat, Demokratis dan Berintegritas. Kemudian senantiasa menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan tugas, serta siap bertanggungjawab atas segala bentuk pelanggaran sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ketua PWI Kabupaten Bandung, Rahmat Sudarmaji mengatakan, sebagai tindaklanjut komitmen ini, pihaknya akan mengeluarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Peliputan di Masa Pandemi Covid-19. SOP ini dipandang masih relevan mengingat kasus terinfeksi Covid-19 masih relatif tinggi.

“Kami akan menerbitkan Surat Edaran tentang SOP Peliputan. Nanti kita edarkan kepada semua stakeholder,” ujar Rahmat, usai menghadiri acara Sosialisasi Prosedur Peliputan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung, di Rumah Makan Sarumpun Dapuran Awi, Panyirapan, Soreang.

Secara bergiliran, pemateri dari PWI yakni Handri Handriansyah dan Mujib Prayitno dari IJTI, memaparkan komitmen kedua organisasi wartawan tersebut dalam melaksanakan liputan Pilkada di tengah bencana non alam saat ini.

“Kami dari PWI memiliki dua tugas sekaligus. Menyukseskan Pilkada Kab.Bandung melalui pemberitaan, sekaligus juga menerapkan dan mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid 19,” kata Handri.

Penegasan serupa juga dikemukakan Mujib Prayitno. Menurut Jurnalis MNC Grup itu, selain protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh pemerintah, yakni 3M, para jurnalis juga harus menambahkan satu M lagi, yaitu mengingatkan satu sama lain, baik itu dengan sesama jurnalis ataupun dengan narasumber.

“Saya fikir akan lebih baik kalau 3M, Menggunakan Masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak ditambah lagi dengan satu M lagi, yaitu Mengingatkan,” imbuh Mujib.

Komitmen kedua organisasi wartawan di Kabupaten Bandung tersebut diapresiasi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ruli Hadiana. Ruli bahkan menambahkan satu M lagi yaitu menghindari kerumunan tanpa harus diingatkan. Ruli tidak ingin, Pilkada malah menciptakan kluster baru penyebaran Covid 19.

“Intinya menggelar Pilkada di tengah Pandemi menjadi tugas berat kita semua, tidak hanya KPU tapi juga wartawan yang saya nilai berperan penting menyukseskannya.” kata Ruli Hadiana.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya, menyampaikan terimakasih dan penghargaan atas peran serta wartawan dalam turut mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung 2020.

Agus juga mengapresiasi atas kerjasama rekan media khususnya yang tergabung dalam PWI Kabupaten Bansung dan IJTI selama ini

“Kegiatan ini dalam rangka menjalin silaturahmi, kerjasama dengan media dalam upaya mensukseskan Pilkada. Kami juga mengucapkan terimaksih atas peran serta rekan media selama ini yang tentu selalu ada dinamika. Itu wajar, yang penting kita kembalikan pada track kita bersama untuk mensukseskan pilkada, tapi tentu sesuai tupoksinya masing-masing,” paparnya disela kegiatan.

Agus berharap, dalam menjalakan tugas terutama dalam kegiatan Pilkada wartawan juga tetap harus menjalankan protokol kesehatan sesuai peraturan.*** (di)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *